Sukabumi Update

Rp 1 Miliar Lebih, Proyek Lumbung Pangan Masyarakat di Ciracap Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri melakukan peletakan batu pertama pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat atau LPM di Kampung Batu Colat RT 02/12 Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/7/2022).

LPM tersebut akan diswakelola Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Tunas Jaya Kampung Batu Colat. Proyek ini bersumber dari DAK tahun 2022 Kementerian Pertanian lewat Dinas Ketahanan Pangan sebesar Rp 565.500.000, dan untuk peralatan (mesin) Rp 500.000.000.

"Hari ini monitoring dan evaluasi program UPPO atau pengelolaan pupuk organik di Ciracap, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan LPM," kata Iyos kepada sukabumiupdate.com. Iyos berharap LPM tersebut dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :

Turut hadir Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Plt Camat Ciracap, Kapolsek Ciracap, Danramil Surade, Kepala Desa Cikangkung, BPD Cikangkung, BPP Kecamatan Ciracap, serta pengurus dan anggota Gabungan Kelompok Tani Tunas Jaya, sebanyak 13 kelompok tani.

Menurut Iyos, Gapoktan Tunas Jaya sudah siap mengembangkan potensi yang ada, terutama dalam peningkatan kualitas hasil produksi padi atau pangan lainnya. Iyos menyebut, apabila kualitas hasil produksi meningkat, harga pun akan naik dan menyejahterakan para petani.

"Dari informasi, potensi padi di Desa Cikangkung setiap tahun surplus sebanyak sekitar 11 ton. Nanti yang surplus ini bisa dijadikan sebagai cadangan dan disimpan di LPM," kata Iyos.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI