Sukabumi Update

Hanya Dapur yang Tak Bocor, Cerita Pilu Penghuni Rumah Reyot di Ciracap Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Satu keluarga di Kampung Cikeresek RT 20/05, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, menghuni rumah reyot. 

Rumah yang berdinding bilik dan tidak teraliri listrik itu sudah berusia 20 tahun. Sehingga material bangunan sudah lapuk terutama pada bagian atap.

Baca Juga :

Rumah itu milik Karsitah. Dia tinggal bersama anaknya, menantunya dan seorang cucunya. Total ada 4 orang yang menghuni rumah tersebut.

"Hampir semua ruangan bocor, hanya di bagian dapur dekat tungku yang tidak bocor untuk penerangan menggunakan lampu tempel,” ujar anak Karsitah, Momoy (34 tahun).

Momoy mengungkapkan punya keinginan untuk memperbaiki rumah tersebut namun terkendala biaya. “Suami hanya kerja sebagai kuli penyadap kelapa," pungkasnya.

Kepala Desa Purwasedar, Deri Riyana mengatakan rumah tersebut pada tahun 2014 sudah mendapatkan program rehab dari Baznas dan saat ini sudah dimasukan dalam program Rutilahu. 

"Insa Allah, tahun ini menjadi prioritas, kami sudah merencanakan program tahun 2022, untuk rehab rumah tersebut. Untuk bu Karsitah, merupakan penerima manfaat program BPNT sehingga tidak dimasukan dalam BLT desa," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI