Sukabumi Update

Butuh Kolaborasi Agar Pariwisata Sukabumi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono melakukan kunjungan ke Desa Wisata Hanjeli, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/7/2022). Nampak hadir dalam kegiatan ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi. 

Dalam kunjungan tersebut Indarto mendapat penjelasan tentang pemberdayaan masyarakat oleh Asep, pelopor Desa Wisata Hanjeli. Indarto pun menyaksikan langsung proses pengolahan hanjeli sampai menjadi produk jadi berupa makanan. 

Selain dari Dispar, nampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Cabang Bank BJB serta perwakilan Bank BRI.

Baca Juga :

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi Luki Mufti mengatakan dalam kunjungannya Indarto berpesan agar ada kolaborasi supaya sektor pariwisata dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. 

“Pesannya agar ada kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga jasa keuangan dan pelaku usaha, agar pariwisata dapat berkembang serta menjadi alat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," ujar Luki kepada sukabumiupdate.com.

Lebih lanjut Luki menuturkan, Indarto yang juga selaku Tim pengarah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jawa Barat memiliki sejumlah agenda di Kabupaten Sukabumi. 

“Antara lain audiensi dengan TPAKD Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Lembaga Jasa Keuangan serta kunjungan ke pelaku usaha," kata dia. 

Luki menjelaskan TPAKD merupakan suatu forum koordinasi yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, Lembaga Jasa Keuangan, Regulator dan pemangku kepentingan terkait lainnya dalam rangka meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Menurut dia, salah satu tujuan dibentuknya TPAKD adalah menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan  jasa keuangan dalam rangka pemerataan ekonomi dan kemandirian daerah.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI