Sukabumi Update

Setahun Diperbaiki, Dinas PU Ungkap Penyebab Jalan di Tegalbuleud Sukabumi Rusak Lagi

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan ruas Cibugel-Nangela di Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan. Padahal jalan tersebut rampung diperbaiki oleh Dinas PU pada Juni 2021.

Kegiatan pekerjaan yang dilakukan Dinas PU saat itu merupakan rehabilitasi jalan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 senilai Rp. 2.862.876.000,00. Anggaran itu untuk pekerjaan pengecoran bahu jalan kemudian untuk jalannya dilapisi hotmix.

Baca Juga :

Adapun waktu pekerjaan 90 hari kalender tersebut, dimulai pada Bulan Maret dan rampung bulan Juni 2021. 

Warga Engkus Kusnadi, mengungkapkan, ada sekitar 15 titik kerusakan parah di sepanjang jalan tersebut. Engkus menuturkan, jenis kerusakan mulai dari jalan amblas, berlubang bahkan aspalnya terkikis hanya tinggal bebatuan saja. 

"Panjang [kerusakan] bervariatif ada 1 meter hingga 5 meter, tersebar di sepanjang jalan dari Kampung Cibugel menuju ke kantor Desa Nangela. Padahal jalan tersebut di Hotmix,” ujarnya..

Kepala Desa Nangela Sudin mengatakan dari total 5 kilometer panjang jalan ruas Cibugel - Nangela, yang baru diperbaiki baru 2,5 kilometer pada tahun 2021. Ia membenarkan kalau jalan sudah rusak kembali.  

"Faktor utamanya di daerah tersebut karena tanahnya labil," katanya.

Pengawas Jalan dan Jembatan UPTD PU Sagaranten, Diwa Prabancana menyatakan, kerusakan jalan tersebut terjadi akibat berbagai faktor seperti dilintasi kendaraan yang over kapasitas dan kondisi tersebut diperparah dengan terus menerus diguyur hujan.

Selain itu, Diwa menjelaskan tanah dibawah jalan merupakan cadas. Menurut dia, dikala musim kemarau cadasnya kering dan di kala musim penghujan tanah di bawah jalan jadi lumpur. "Intinya tanahnya labil,” ujar Diwa.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI