Sukabumi Update

Dispar Edukasi Pedagang di Wisata Sukabumi, Bahas Soal Kebersihan dan Harga

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi sedang gencar menyosialisasikan pentingnya kebersihan lokasi objek daya tarik wisata atau ODTW kepada pedagang di area rekreasi.

Kegiatan ini baru dilaksanakan di dua lokasi wisata, yaitu di Desa Loji Kecamatan Simpenan dan Pantai Minajaya Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

Kepala Seksi Destinasi Baru Dispar Kabupaten Sukabumi Riky Agus Ramdan mengatakan sosialisasi dalam bentuk edukasi ini rencananya bakal dilakukan di seluruh ODTW di Kabupaten Sukabumi. Baik untuk objek wisata yang di kelola dinas maupun tidak. 

"Kita menyosialisasikan dan mengedukasi para pedagang di lokasi wisata terkait pentingnya menjaga kebersihan lokasi wisata. Di tempat mereka berjualan, agar mereka paham kalau kebersihan itu bukan hanya tanggung jawab instansi terkait tetapi mereka juga memiliki andil sangat besar, " ujar Riky, Rabu, 3 Agustus 2022.

Baca Juga :

Tidak hanya itu, lanjut dia, Dispar juga mengedukasi para pedagang terkait tingginya harga barang dagangan di lokasi wisata, yang selama ini menjadi stigma dan kerap dipersoalkan pengunjung.

Akibatnya, wisatawan malas belanja di lokasi wisata dan malah memilih membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Bahkan tak jarang memilih berbelanja di swalayan atau ritel sebelum masuk lokasi wisata. 

"Walhasil kedatangan pengunjung tidak terserap maksimal oleh para pedagang, dan malah hanya meninggalkan sampah di lokasi wisata," tuturnya. 

Riki berharap, dengan adanya sosialisasi dan edukasi ini, para pedagang mengerti dan tidak menaikan harga dagangan terlalu tinggi sehingga stigma mahalnya harga di objek daya tarik wisata sedikit demi sedikit terkikis. 

"Mudah mudahan para pedagang mengerti akan harga yang mereka jual di warung warungnya, sehingga wisatawan pun tidak membawa bekal di luar tempat wisata," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI