Sukabumi Update

Tangki Jebol Cairan Kimia Tumpah, Truk Masuk Jurang di Cidayang Sukabumi Dievakuasi

SUKABUMIUPDATE.com - Truk tangki F 9202 FG, muatan cairan kimia Sudflock yang masuk jurang di Cidayang Jampangtengah Kabupaten Sukabumi, berhasil dievakuasi pada Jumat siang, 5 Agustus 2022. Cairan kimia pembersih limbah industri ini dipastikan tumpah di dasar jurang.

Truk naas ini terperosok ke jurang Cidayang sedalam 50 meter, di Kampung Cimapag RT 001/001 Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi pada hari Rabu, 3 Agustus 2022. Badan jalan yang sempit membuat proses evakuasi tidak mudah.

Truk yang dikemudikan Asep Abdul Malik (40 tahun) warga Bojongloa Timur, Kota Bandung ini baru bisa dievakuasi dua hari kemudian. Dari keterangan sopir, truk membawa cairan kimia jenis Sudflock, yang biasa digunakan untuk membersihkan air limbah industri.

Kapolsek Jampangtengah, AKP Usep Nurdin menjelaskan truk tangki  mengangkut cairan Sudflock dari PT. Clarian Lengkong.  "Laka tunggal saat melintasi jalan itu ban belakang kiri terlalu kepinggir, bahu jalan ambles dan longsor. Kendaraan terperosok masuk jurang kurang lebih 50 meter."

Baca Juga :

"Evakuasi baru bisa dilakukan jari ini, tadi mulai pukul 10.00 WIB. Selesai pada pukul 15.00 WIB, dengan menggunakan kendaraan derek crane," jelas AKP Usep Nurdin.

Ia juga memastikan cairan Sudflock muatan truk tumpah di dasar jurang. "Lokasi lahan jauh dari pemukiman, itu di lahan perhutani. Cairan yang dibawa itu dari keterangan bukan jenis berbahaya," lanjut Usep.

Personil yang melakukan pengamanan di TKP Aiptu Halim B, Aipda Nurdin Hayat, serta Bripka Yudi. "Saat ini lalu lintas, sudah berjalan normal kembali," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI