Sukabumi Update

Granat yang Diduga Masih Aktif Ditemukan Warga di Cisaat Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah granat nanas yang diduga masih aktif ditemukan warga di sekitar Lapang Cikiray, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 18 Agustus 2022, sekira pukul 21.00 WIB. Senjata peledak yang biasanya dilemparkan dengan tangan ini ditemukan dekat gorong-gorong.

Kapolsek Cisaat AKP Deden Sulaeman menyebut granat yang diduga masih aktif itu pertama kali ditemukan warga dalam keadaan terbuka alias tidak terbungkus apa pun. Granat tersebut selanjutnya diambil saksi berinisial MS (48 tahun) dan S (49 tahun) dan dibawa ke rumah tokoh masyarakat setempat bernama Pak Usman.

"Mereka lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cisaat, Polres Sukabumi Kota," kata Deden saat ditemui di kantornya pada Jumat (19/8/2022).

photoGranat yang ditemukan warga di sekitar Lapang Cikiray, Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 18 Agustus 2022, sekira pukul 21.00 WIB. - (Istimewa)

Baca Juga :

Saat itu polisi langsung mengecek dan menemukan granat nanas dalam kondisi berkarat, sesuai laporan warga. Polsek Cisaat kemudian berkoordinasi dengan Koramil 0709 Cisaat, lalu menghubungi Bengkel Lapangan alias Benglap atau Bengkel Senjata 311 Kota Sukabumi untuk mengamankan granat yang diduga aktif itu.

"Menurut anggota Benglap 311 Kota Sukabumi, benda tersebut adalah benar granat nanas yang diduga masih aktif karena pelatuk atau penariknya masih ada," ujar Deden.

Anggota Benglap 311 Kota Sukabumi selanjutnya mengambil granat nanas itu dan membungkusnya dengan lakban kuning. Mereka lalu memasukkan granat yang diduga masih aktif tersebut ke dalam ember plastik yang sudah diberikan pasir. "Ini sengaja dilakukan supaya tidak bergerak atau goyang granat tersebut," katanya.

Selepas itu Polsek Cisaat langsung melakukan serah terima granat nanas tersebut kepada anggota Benglap 311 Kota Sukabumi. Sekira pukul 23.23 WIB, granat itu dibawa nggota Benglap 311 Kota Sukabumi ke markas Benglap di Jalan Arif Rahman Hakim, Warudoyong, Kota Sukabumi, untuk disimpan di gudang mesiu senjata.

Belum diketahui siapa pemilik granat tersebut dan saat ini masih diselidiki Benglap 311 Kota Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI