Sukabumi Update

Ada 77 Bambu, Menjaga Tradisi Maen Rebutan di Gunungkaramat Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga mulai anak-anak, dewasa, hingga emak-emak, mengikuti lomba panjat pinang memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Lapang Cijapar, Desa Gunungkaramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Ahad (21/8/2022).

Uniknya, bukan satu batang pinang yang disiapkan untuk para pemanjat dalam tradisi yang disebut warga sebagai “maen rebutan” ini, melainkan ada 77 batang bambu jenis andong dengan ketinggian bervariasi dari 4 hingga 9 meter yang tertancap di lokasi acara.

Adapun satu batang bambunya secara gotong-royong dipanjat lima sampai tujuh orang. Mereka berlomba-lomba menggapai puncak bambu yang sudah diletakkan berbagai hadiah, dari perabotan rumah tangga hingga pakaian.

Baca Juga :

Kepala Desa Gunungkaramat, Subaeta, mengatakan maen rebutan ini adalah puncak rangkaian HUT Kemerdekaan RI sekaligus menjaga kearifan budaya setempat. Alasan disiapkan 77 batang bambu karena disesuaikan dengan usia RI yang pada tahun 2022.

“Ini kegiatan yang terus digelar setiap tahunnya. Kali ini 77 tiang bambu karena sesuai tahun kemerdekaan yang ke-77,” ujar Subaeta kepada sukabumiupdate.com.

Lomba yang diikuti berbagai kelompok usia ini, kata Subaeta, tak lepas dari gotong royong warga sekitar. Sehingga, acara berlangsung meriah dan disambut dengan antusias.

“Panjat pinang ini bisa dibilang puncak rangkaian hari kemerdekaan karena dua bulan sebelumnya berbagai kegiatan dilakukan mulai turnamen sepak bola. Terus 17 Agustus-nya upacara, kemudian karnaval, pengajian, hiburan dangdutan, reggae, wayang golek, hingga perlombaan,” katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI