Sukabumi Update

Bupati Sukabumi Dorong Pengembangan Potensi Kasepuhan Ciptagelar

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri acara Seren Taun ke-654 Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Minggu, 21 Agustus 2022. 

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman rumah gede itu dirangkaikan dengan upacara adat pemindahan padi dari ladang ke leuit.

Baca Juga :

Dilansir dari rilis resmi dokpim Kabupaten Sukabumi, Marwan mengaku bersyukur dan bangga bisa bersilaturahmi  bersama keluarga kasepuhan Ciptagelar dalam rangka Peringatan Seren Taun ke 654 Tahun itu. 

Menurut Marwan, tradisi seperti ini harus selalu dijaga dan dipertahankan demi meneruskan jasa para keturunan leluhur dalam menjaga alam dan mensyukuri hasil panen. 

“Potensi Kasepuhan ini mesti didorong oleh generasi muda demi menjaga tradisi para leluhur,” ujar Marwan.

Dia pun berpesan agar kampung adat tersebut tidak hanya fokus pada penanaman padi saja, namun perlu adanya pengembangan potensi lain, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

“Komunikasikan dengan stakeholder terkait dalam pengembangan potensi disini, bisa dengan Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan ataupun unsur lainnya,” ujarnya.

Sementara itu Kasepuhan Kampung Adat Ciptagelar Abah Ugi Sugriwa Rakasiwi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah yang telah mendukung atas syukuran Seren Taun kee-654 tahun Kasepuhan Adat Ciptagelar tersebut. 

"Saya berterima kasih atas kehadiran seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan Pusat yang telah berkontribusi dalam pergelaran acara syukuran ini,” ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI