Sukabumi Update

Bayi Kukang Tergeletak, Warga Selamatkan Satwa Dilindungi di Karangpara Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor kukang ditemukan tergeletak di tanah dekat wisata Karangpara di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Primata yang gerakannya lambat ini ditemukan warga pada Ahad, 21 Agustus 2022.

Adalah Repsi (22 tahun), orang yang pertama kali menemukan kukang tersebut sekira pukul 09.00 WIB. Respi yang tinggal di Kampung Kubang Jaya RT 02/09, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, menemukan kukang itu sendirian.

Repsi menyerahkan kukang itu ke temannya, Indra Perdana (25 tahun). "Teman saya mendengar suara hewan itu dan saat dilihat sudah tergeletak di tanah. Repsi berupaya mencari induknya, tapi tidak ada dan langsung menghubungi saya," kata Indra, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga :

Indra mengatakan temannya bingung harus membawa kukang itu ke mana. Alhasil, Repsi menghubungi Indra lantaran suka memelihara hewan musang dan lainnya. "Kalau dilihat dari badannya yang masih bayi, ini umurnya dua bulanan," ujar Indra.

Indra sudah memelihara hewan tersebut selama dua hari sambil mencari informasi ke mana menyerahkan kukang itu agar ada di pihak yang berwenang. Kini, kukang yang belum diketahui pasti kelaminnya tersebut masih ada di rumah Indra.

Kukang (Nycticebus coucang) termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018. Status konservasi International Union for Conservation of Nature (IUCN), kukang masuk dalam klasifikasi terancam (Endangered).

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI