Sukabumi Update

Permudah Akses Warga, Jembatan Kubang di Cibadak Sukabumi yang Roboh Dibangun Lagi

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Kubang di Kampung Kaum Kidul RT 04/02 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, telah kembali kokoh. Jembatan yang sebelumnya roboh ini selesai dibangun permanen dan diresmikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada Rabu (24/8/2022).

Jembatan penghubung Kampung Kaum Kidul dan Kampung Benda, Desa Karangtengah, tersebut roboh pada 5 Mei 2022. Saat roboh ada sejumlah warga yang hendak melintas. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pengerjaan dan pendanaan pembangunan jembatan ini menggunakan pola partisipatif antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Pengerjaannya sendiri dimulai pada 2 Juli 2022 lalu dan selesai pada 5 Agustus 2022 atau setelah 24 hari waktu pengerjaan (di luar waktu libur)

Baca Juga :

Kini jembatan tersebut dibuat permanen. Pengerjaannya menghabiskan anggaran sekitar Rp 194 juta, Adapun seperti dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan, pemda membantu pembiayaan pembangunan jembatan sebesar 20 persen melalui skema biaya tidak terduga.

"Dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jembatan ini, biaya yang dikeluarkan pemda melalui skema biaya tidak terduga sebesar 20 persen," kata Wawan saat memberi ucapan peresmian Jembatan Kubang.

Dengan diresmikannya jembatan ini, warga merasa terbantu karena setelah terputusnya akses, meraka secara swadaya membuat jembatan dari bambu yang dinilai mengkhawatirkan.

"Soalnya ketika jembatan ambruk akses kendaraan hilang dan warga lewat jembatan bambu yang khawatir jatuh serta terbawa arus sungai. Sekarang alhamdulillah bisa dilewati dengan nyaman, yang sekolah, bekerja, bertani, dan ibu-ibu pengajian. Akses warga menjadi mudah dan cepat," kata Ketua RT 04/02, Dzulkifli. 

Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap setelah dibangunnya jembatan ini warga bisa merawat jembatan tersebut agar bisa lebih awet terlebih karena membantu ekonomi masyarakat. "Ini bisa dilalui satu motor tapi ingat jangan bawa beban, biar awet, terus sering dicek juga itu bautnya biar tidak hilang," kata dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI