Sukabumi Update

Cerita Mak Kesih, Wanita Surade Sukabumi Menjalani Masa Tua Seorang Diri

SUKABUMIUPDATE.com - Menempati rumah panggung berdinding bilik berukuran 5x4 meter, Mak Kesih (77 tahun) menjalani masa tuanya. Wanita yang sudah lama ditinggal suaminya ini adalah warga Kampung Pasirmalang, Desa Kadaleman, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Mak Kesih saat ini tinggal seorang diri setelah ditinggal suaminya yang meninggal dunia sekitar 20 tahun lalu. Mak Kesih dan suaminya punya lima anak, tiga laki-laki dan dua perempuan. Namun, dua anak laki-laki Mak Kesih sudah berpulang, tersisa tiga anaknya yang sudah berkeluarga.

Cerita Mak Kesih ini disampaikan Kepala Dusun 3 Desa Kadaleman Rena Suryana. Menurut Rena, anak laki-laki Mak Kesih kini tinggal di Desa Wanasari dan satu anak perempuannya tinggal di Desa Citanglar, masih di Surade. Hanya satu anak wanitanya tinggal dekat rumah Mak Kesih.

"Untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari, selain (dibantu) oleh anak anaknya yang ekonominya belum mapan, juga dibantu Pemdes. Bahkan Mak Kesih mendapatkan BLT DD, tapi BPNT tidak memperolehnya," kata Rena kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/8/2022).

photoRumah Mak Kesih (77 tahun), warga Kampung Pasirmalang, Desa Kadaleman, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Rena mengatakan rumah Mak Kesih yang lapuk, terakhir mendapat bantuan rehabilitasi pada 2015. Pada 2019, kata Rana, Pemerintah Desa Kadaleman memiliki program Rutilahu, namun saat itu rumah Mak Kesih masih layak huni, sehingga program ini diberikan ke tetangganya yang tidak layak huni.

"Alhamdulilah mudah-mudahan jadi, kemarin ada komunitas yang sudah survei, Pak Babab Beni Bunyamin dari Semut Ibrahim Ciracap, yang akan membangun rumah Mak Kesih. Mak Kesih ini sudah tidak bisa melihat, karena faktor usia, namun jalan masih mampu," kata Rena.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI