Sukabumi Update

Diikuti Ribuan Pelajar, Kota dan Kabupaten Sukabumi Ikut Pecahkan Rekor MURI SKJ

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi ikut memecahkan rekor MURI Senam Kesehatan Jasmani atau SKJ pelajar yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga berkerja sama dengan pemerintah daerah se-Indonesia, Sabtu (27/8/2022). Di Kota Sukabumi, senam digelar di SMAN 1 dan diikuti 18 ribu peserta.

"Saya yakin hari ini kita bukan hanya melaksanakan pemecahan rekor MURI, tapi bagaimana kita ingin memotivasi anak-anak pelajar sehingga mereka memiliki angka dan tingkat kebugaran yang semakin baik," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di SMAN 1 Kota Sukabumi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu.

Fahmi berharap anak muda yang saat ini masuk dalam bonus demografi dapat tumbuh sehat. Sehingga, cita-cita Indonesia Emas 2045 dapat tercapai. "Anak-anak sekarang kan cenderung mager ya. Nah mudah-mudahan ini dapat memotivasi mereka untuk bergerak, olahraga, sehingga sehat dan bugar menjemput Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Ketua Igornas Kota Sukabumi Yosef Firdaus menambahkan pelaksanaan pemecahan rekor MURI SKJ ini disiarkan secara langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Gelora Bung Karno, Jakarta. Ada 18 ribu pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat baik, swasta maupun negeri, di Kota Sukabumi yang ikut.

"Persiapannya kita sudah dua minggu yang lalu, terus push anak-anak. Selain menghafal gerakan SKJ, mereka juga mengisi link kepesertaan untuk dikirim ke kementerian," katanya. 

Yosef menyebut SKJ adalah olahraga yang diadopsi dari tahun 1984 lalu dimodifikasi demi menarik minat siswa. "Kita mendorong satuan pendidikan minimal satu minggu sekali ada SKJ serentak di sekolah. Peminatan SKJ ini kurang baik, sehingga perlu ada pemutakhiran gerakan dari musik itu sendiri," ujar dia.

Baca Juga :

photoSKJ di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8/2022). - (Istimewa)

Di Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menghadiri SKJ di Lapang Cangehgar Palabuhanratu. Ada 20.000 siswa SD, SMP, dan SMA di 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang serentak mengikuti SKJ. Adapun SKJ yang dihadiri Ade diikuti 2.000 siswa se-Kecamatan Palabuhanratu.

Dalam sambutannya, Ade mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik dan mendorong suksesnya pemecahan rekor MURI SKJ pelajar yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan target sasaran pada 2022 sebanyak 1 juta pelajar SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, dan MA.

Mengutip keterangan di kanal YouTube Kemenpora RI yang menyiarkan SKJ Pelajar se-Indonesia, pemecahan rekor MURI ini adalah dalam kategori peserta terbanyak.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI