Sukabumi Update

Tugas Kuliah Berbuah Penghargaan, Cerita Tim Kabarawa Nusa Putra Raih Best Movie

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Kabarawa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Nusa Putra meraih Best Movie dalam ajang Poster dan Short National Competition 2022.

Event ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta. Poster dan Short National Competition 2022 berlangsung pada tanggal 1-15 Agustus dan pada 26 Agustus 2022 diumumkan pemenangnya.

Baca Juga :

Tim Kabarawa ini terdiri dari dosen DKV, Tulus Rega Wahyuni dan 4 mahasiswa M Alfaridzi R,  Siti Nurlaela, Shelly Selvya, Putri Kania D. Dalam event tersebut Kabarawa mengangkat tema kebudayaan Sunda yaitu "Pamali Potong Kuku Di Malam Hari".

Tulus mengatakan sejatinya short movie atau film pendek tersebut merupakan tema tugas akhir mahasiswa semester 3 mata kuliah audio visual. 

Menurut Tulus, karena sejalan dengan tema dari perlombaan tersebut yaitu kebudayaan, maka tugas akhir itu diikutsertakan dalam Poster dan Short National Competition 2022. 

"Jadi saya coba masukan atau upload short movie dari tugas akhir ke dalam kompetisi tersebut. Dan hasilnya kita mendapat raihan best movie dalam kategori short movie," ujarnya.

Tulus menyatakan jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini ada 24 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Anggota tim Kabarawa, Muhammad Alfaridzi Ramadhan mengatakan tema film pendek yang dibuat mengadaptasi dari sebuah hal yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat sunda. 

"Cerita itu sudah tidak asing di telinga masyarakat Sunda, yaitu pamali potong kuku di malam hari. Untuk durasi [fim] total 9 menit 45 detik, sudah termasuk credit," ujarnya.

Alfaridzi membenarkan bahwa awalnya film ini buat kebutuhan tugas mata kuliah Audio Visual di semester 3, "Jadi kita ditugaskan membuat film yang mengangkat kebudayaan di daerah Sunda," ujarnya.

REPORTER: GIANNI FATHIN RABBANI

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI