Sukabumi Update

Dampak Puting Beliung Gegerbitung Sukabumi Bertambah, 3 Rumah Hancur dan 91 Rusak

SUKABUMIUPDATE.com - Warga melakukan perbaikan rumah yang rusak akibat disapu puting beliung di Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi.

Puting beliung terjadi pada Rabu, 7 September 2022 sekitar pukul 16.30 WIB, adapun lokasi yang terdampak adalah Kampung Babakan, Kampung Tanjungsari, Kampung Tegalseureuh, Dusun Lio dan Dusun Benjot. 

Baca Juga :

Dari hasil pendataan BPBD, rumah yang terdampak itu 3 unit rusak berat atau hancur, kemudian 91 rumah ringan dan sedang. “Ini masih dalam assesment, masih pendataan,” ujar Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Endang Koswara. 

Selain rumah, puting beliung juga menyebabkan kerusakan sebuah bangunan GOR, dua madrasah kemudian sebuah penggilingan padi kemudian sebuah bale warga.

"Untuk bantuan stimulan Insya Allah hari ini kita memproses, mudah-mudahan secepatnya bisa bantu, bentuknya [bantuan] bahan baku untuk bangunan atau rumah yang terdampak," ujarnya.

Warga Kampung Babakan Tanjungsari, Lilis Nurhayati mengatakan, puting beliung merusak bagian atap rumahnya. Sehingga dia harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

Kini rumahnya yang dihuninya itu tengah diperbaiki oleh sejumlah warga masyarakat dan petugas dari BPBD Kabupaten Sukabumi serta unsur Kecamatan Gegerbitung. 

"Iya, di beres-beresin dulu supaya ga berantakan dan katanya mau dibenerin, harapannya langsung diperbaiki atapnya supaya bisa cepat tinggal lagi di rumah, ini ngungsi di tetangga," jelasnya. 

Sementara itu, Ibrahim (61 tahun) pemilik penggilingan padi yang ambruk menyebut, kerugian yang dialaminya mencapai Rp 15 juta. 

“Di dalamnya masih ada padi sekitar 20 kwintal kalau berasnya setelah ambruk langsung dievakuasi karena takut kena hujan," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI