Sukabumi Update

Dari Konsep hingga SDM, Ini Pesan Mendagri untuk Hari Jadi Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan ucapan selamat kepada Kabupaten Sukabumi yang memperingati hari jadi ke -152 tahun. 

Tito menyatakan Kabupaten Sukabumi berbenah diri supaya dapat mencapai visi yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri sejalan dengan prinsip-prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Baca Juga :

“Visi tersebut tentunya tidak dapat terlepas dari kemampuan sumber daya manusia, kreatif, inovatif dan juga menguasai ilmu pengetahuan teknologi,” ujarnya.

Tito menyatakan Kabupaten Sukabumi memiliki banyak sumber daya alam, alam yang subur kemudian potensi sumber wisata serta tempat-tempat wisata yang menarik. “Inilah modal penting untuk Kabupaten Sukabumi untuk maju,” ujarnya.

Tapi lebih dari itu, kata Tito, yang utama adalah kualitas sumber daya manusia. Menurut dia, generasi muda Sukabumi harus menjadi generasi muda yang terdidik, terlatih dan sehat.

Menurut dia, disamping para pimpinan dan semua stakeholder berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah dengan memanfaat dan berkreasi untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang berkelanjutan atau sustainable, juga fokus pada program yang meningkatkan sumber daya manusia. 

“Pendidikan yang paling utama, baik pendidikan formal mulai dari PAUD, TK,SD, SMP, SMA dan seterusnya juga pendidikan vokasi atau keahlian sesuai dengan potensi sumber daya alam yang ada. Vokasi dalam bidang perkebunan, perikanan, pertanian, perikanan, wisata bahkan jasa modern yang menggunakan teknologi informasi, inilah yang menjadi kunci” jelasnya.

“Disamping tentunya tetap menjaga agar situasi baik politik, pemerintahan, keamanan tetap stabil karena itulah modal-modal penting untuk membangun,” ujarnya.

Selain itu harus memiliki konsep akan dibawa kemana Kabupaten Sukabumi kedepan.

“Mulai dari konsep 20 tahun, konsep 5 tahun, konsep setiap tahun bahkan konsep setiap bulan sehingga jelas program-program yang akan dikerjakan dan paralel dengan program-program kabupaten sekitarnya, kota, juga paralel dengan program tingkat provinsi serta pemerintah pusat,” ujarnya.

Tito juga mengapresiasi pemerintah Kabupaten Sukabumi yang menyelenggarakan Sukabumi Ngabumi Event Week. 

Menurut dia, event tersebut  dapat membangkitkan potensi-potensi yang ada terutama usaha mikro kecil dan menengah yang merupakan sektor riil yang bisa menampung tenaga kerja, membangkitkan ekonomi dan sekaligus menjadi tulang punggung untuk ekonomi bangsa Indonesia.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun dan Dirgahayu Kabupaten Sukabumi mari berkarya untuk Sukabumi,” ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI