Sukabumi Update

Tanggul Sungai Cikalong Jebol, Masjid dan Rumah di Ciuyuhan Sukabumi Kebanjiran

SUKABUMIUPDATE.com - Sungai Cikalong meluap membanjiri rumah dan masjid di Kampung Ciuyuhan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (10/9/2022).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas, Idrus Stansyah menyatakan ada tiga 3 rumah dan sebuah yang terendam bernama masjid Jami  Al-Rayyan 

Baca Juga :

Idrus menyatakan, banjir dari luapan Sungai Cikalong ini sudah berulang kali terjadi. "Ini diakibatkan tanggul Sungai Cikalong jebol, sehingga tidak kuat lagi menahan derasnya air," jelasnya.

Menurut dia, ketinggian air di dalam masjid kurang lebih 50 centimeter kemudian 3 rumah yang terendam rusak berat. "Semua kondisi rumah rusak berat, tidak bisa dihuni sementara mereka mengungsi di keluarga terdekat," ujarnya. 

Selain rumah dan masjid, sawah juga terendam dan luasannya masih dalam kajian. 

"Kebutuhan yang mendesak bronjong, batu pecah, logistik tanggap darurat bencana, perlu pembangunan permanen tanggul sungai," jelasnya.

Warga Romil menyatakan banjir terjadi semenjak tanggul Sungai Cikalong jebol. “Tanggul jebol sejak malam takbiran Idul Fitri, Mei 2022 lalu. Banjir sudah 13 kali terjadi," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI