Sukabumi Update

Sekeluarga Masih Ngungsi, Kondisi Terkini Banjir-Longsor di Jampangtengah Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Satu keluarga di Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, masih mengungsi lantaran rumahnya tertimpa longsor pada Minggu, 11 September 2022. Bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah titik di Desa Cijulang pada Minggu kemarin akibat hujan deras.

Sekretaris Desa Cijulang Indra R mengatakan yang mengungsi adalah keluarga Kandi. Mereka tinggal di Kampung Cibinong RT 01/01 Desa Cijulang. Rumah Kandi tertimpa longsor dari tebing setinggi 5 meter dengan panjang 10 meter. Alhasil, Kandi dan keluarganya untuk sementara waktu harus mengungsi.

"Untuk sementara penghuni (Kandi serta istri dan dua anaknya) diungsikan ke rumah anaknya yang pertama, khawatir ada longsor susulan karena posisi tebing di sekitar terbilang labil," kata Indra kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/9/2022), berdasarkan survei bersama sejumlah pihak pada Minggu malam.

Baca Juga :

Indra menyebut luapan banjir yang merendam belasan hektare sawah dan rumah warga di Desa Cijulang kini sudah mulai surut. "Kondisi saat ini sudah surut. Air datang dari persawahan yang berada di dataran tinggi, sedangkan permukiman berada di bawah dan dekat tebing," ujar dia menjelaskan kondisi terkini.

Diketahui, hujan deras pada Minggu sore kemarin mengakibatkan banjir dan longsor di Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. Sawah, kolam ikan, hingga jalan, terdampak bencana tersebut. Titik terbanyak terjadi di Desa Cijulang.

Banjir di Desa Cijulang merendam sawah hingga kolam. Rinciannya, di Kampung Cikiwul RT 24/07 merendam 3 hektare sawah; di Kampung Cibogo RT 22/07 merendam 5 hektare sawah dan 2 kolam ikan; di Kampung Cikaler RT 21/05 merendam 6 hektare sawah; dan di Kampung Cijulang RT 09/04 merendam 5 hektare sawah, badan jalan kabupaten, dan masjid Al-Hidayah.

Selain banjir, longsor juga terjadi di Kampung Cikiwul RT 24/07 dengan panjang tanah longsor 4 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 4 meter. Di Kampung Cikiwul RT 24/07 Desa Cijulang ini satu saluran irigasi sepanjang 10 meter, tinggi 2 meter, dan lebar 1 meter, juga jebol.

Tak hanya di Desa Cijulang, banjir pun terjadi di Kampung Cibojong RT 01/01 Desa Bojongtipar, Kecamatan Jampangtengah. Luapan air merendam satu masjid, satu penggilingan padi, dan dua rumah.

Ruas jalan kabupaten Jampangtengah-Cimerang ikut tertutup longsor. Ada 5 titik yang tertutup material longsoran, di mana salah satunya tertutup longsor sepanjang 20 meter sehingga sempat tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Ada juga lahan pertanian seluas satu hektare tanaman cabai yang terendam.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI