Sukabumi Update

Akses Terputus, Jembatan di Ciemas Sukabumi Dihantam Aliran Sungai Cikanteh

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras pada Senin malam, 12 September 2022, membuat jembatan gantung di atas Sungai Cikanteh rusak terhantam derasnya air. Jembatan sepanjang 35 meter dan panjang 1,5 meter ini berada di Kampung Cimalim RT 01/08 Desa/Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas Idrus Stansyah dalam laporannya mengatakan jembatan mengalami rusak berat dengan penyangga sebelah kanan tergerus air. Kondisi ini diperparah dengan tanah yang labil, sehingga tidak bisa digunakan dan membahayakan warga pengguna.

"Tidak bisa digunakan dan membahayakan masyarakat pengguna jembatan tersebut bila dilalui kendaraan roda dua maupun pejalan kaki," kata Idrus kepada sukabumiupdate.com pada Selasa (13/9/2022).

Baca Juga :

Idrus menyebut jembatan ini merupakan akses penghubung antar kampung di Desa Ciemas dan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Ini juga menjadi pembatas kedua desa dan sering digunakan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari seperti anak-anak sekolah mulai tingkat PAUD, SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

"Tidak ada korban luka maupun jiwa, tapi aktivitas masyarakat (sekarang) terhambat, tidak ada jalan pintas selain jembatan tersebut," ujar Idrus.

Saat ini jembatan ditutup demi keselamatan pengguna. Idrus mengatakan sementara jembatan akan diperbaiki menggunakan bambu dikerjakan gotong royong sebagai alternatif pertama bagi warga dalam beraktivitas. "Sementara warga menggunakan jembatan alternatif dengan jarak yang lebih jauh," katanya.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) lewat UPTD PU Jampangkulon sudah mengecek ke lokasi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI