Sukabumi Update

Hati-Hati! Jalan Penghubung Desa di Cikakak Sukabumi Amblas

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor menyebabkan amblasnya jalan penghubung desa di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Jalan yang amblas berada di Kampung Cipinang RT 002/003, Desa Cileungsing dan jalan tersebut menghubungkan dengan Desa Cireundang, Desa Margalaksana dan Desa Sirnarasa. 

Baca Juga :

Panjang jalan yang amblas 7 meter dengan lebar 3 Meter serta kedalaman sekitar 3 Meter, adapun longsor terjadi pada Selasa, 13 September 2022 sekitar pukul 17.00 WIB.

Bhabinkamtibmas Desa Cileungsing Aiptu Ridwan Arifin menyatakan longsor terjadi akibat tanah tidak stabil dan hujan yang turun terus menerus. 

Ridwan menyatakan tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. “Hanya saja lubang longsoran mengganggu aktivitas arus lalu lintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat,” tuturnya.

Sekretaris Desa Cileungsing, Muhammad Rizaludin menuturkan selain mengganggu arus lalu lintas, material longsoran menutup saluran Daerah Irigasi (DI) Sukawayana.

Rizal menyatakan saluran Daerah Irigasi Sukawayana sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Cileungsing dan Desa Sukamaju untuk pertanian. 

Rizal mengaku belum menghitung berapa hektare sawah yang terdampak, namun untuk pengairan masih tertolong air hujan. “Belum dihitung, tapi kemungkinan masih tertolong sebab masih musim penghujan,” paparnya.

Pemerintah Desa (Pemdes) Cileungsing sudah melakukan kerja bakti untuk mengangkat material longsor dari saluran irigasi tersebut.

“Untuk sekarang [jalan] masih belum ditutup, tapi untuk laporan kita sudah sampaikan ke PU. Baru sebatas dikasih tanda atau dihalangi kayu dan bambu,” tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI