Sukabumi Update

Korban Banjir Sungai Cikaso di Tegalbuleud Sukabumi Belum Tersentuh Bantuan

SUKABUMIUPDATE.com - Banjir akibat meluapnya Sungai Cikaso juga melanda Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Di Desa Sumberjaya, titik banjir diantaranya Kampung Telukjati RT 01/07 dan Kampung Cijaksi RT 01/07. Dua kampung ini berada tak jauh dari Sungai Cikaso. 

Baca Juga :

Ketua RW 07 Ruhiyat menyatakan di Kampung Cijaksi terdapat 1 Kepala Keluarga (KK) yang menjadi korban banjir kemudian di Kampung Telukjati kurang lebih 12 KK. 

“Kalau rumah yang rusak 5 rumah, kalau dibilang rusak berat tidak berat” ujar Ruhiyat kepada sukabumiupdate.com, Minggu (25/9/2022).

Dia menyatakan, warga yang menjadi korban banjir di Telukjati dan Cijaksi belum tersentuh bantuan. “Sementara belum ada [bantuan], mungkin sedang persiapan [penyaluran] atau apa,” ujarnya. 

Ruhiyat menyatakan, saat terjadinya banjir, Jumat malam, 23 September 2022, warga bergegas menyelamatkan diri sehingga tak sempat menyelamatkan harta benda termasuk pakaian. 

“Air cepat meluap, sehingga warga tidak bisa menyelamatkan perbekalan atau pakaian dan sebagainya. Semua terendam, untuk makan mereka mengandalkan bantuan dari lingkungan saja,” ujarnya.

Salah satu rumah yang terdampak banjir luapan Sungai Cikaso di Kampung Telukjati adalah milik Elim (60 tahun). Rumah tersebut dihuni Elim beserta anak dan cucunya kemudian kakak Elim. 

Rumah tersebut dipenuhi lumpur sisa banjir, selain itu tempat tidur dan pakaian pun tidak dapat digunakan sebab basah akibat banjir tersebut. Kini Elim beserta keluarganya tidur di rumah ketua RW.

"Segala terendam air, untuk makan menunggu pemberian saja," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI