Sukabumi Update

Euis Muncul! Sapa Petugas Saat Kirim Bantuan Korban Banjir Sungai Cikaso di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Euis, buaya muara sungai Cikaso menampakkan diri pasca banjir besar. Petugas yang akan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir melihat Euis tengah berjemur di sisi sungai Cikaso, Senin 26 September 2022.

Euis adalah nama yang diberikan warga untuk salah satu buaya penghuni sungai Cikaso di berada di kawasan Cibitung Kabupaten Sukabumi. Disana ada beberapa buaya, namun yang paling besar diberi nama Euis.

Pertemuan dengan Euis ini diceritakan oleh para petugas posko darurat penanganan banjir banjir sungai Cikaso Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Saat itu petugas tengah menyusuri sungai Cikaso untuk menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di kedusunan Kadudahung.

"Untuk mencapai kedusunan itu lebih muda naik perahu. Tadi petugas berangkat dari dermaga menuju Kadudahung membawa bantuan untuk korban bencana banjir pada Jumat malam pekan lalu," kata Kepala Desa Cibitung, Iji Pahrudin kepada Sukabumiupdate.com, Senin 26 September 2022.

Baca Juga :

Saat melintas kawasan batudua, mereka melihat Euis tengah berjemur di pinggir sungai. Buaya muara penghuni batudua sungai Cikaso yang melegenda, berukuran besar dengan panjang lebih dari lebih 4 meter.

Momen ini diabadikan oleh petugas yang berada di perahui. Dalam video singkat itu tampak para petugas cukup gembira mengetahui Euis selamat dari amukan banjir sungai cikaso.

photoEuis buaya besar penunggu Sungai Cikaso muncul saat petugas salurkan bantuan untuk warga korban banjir - (istimewa)</span

"Petugas ketemu Eus, ditempat biasa, di Batudua sebelum Kedusunan Kadudahung, sekitar  pukul 13.30 WIB. Tak lama setelah perahu melintas, Euis kemudian kembali masuk ke sungai," ujarnya.

Kedusunan Kadudahung sendiri cukup terdampak dari banjir sungai Cikaso. Data desa menyebut sedikitnya 43 kepala keluarga terdampak bencana, kurang lebih sekitar 125 jiwa.

Baca Juga :

"Tadi petugas bawa sembako dan pakaian layak pakai," pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI