Sukabumi Update

957 Jiwa Terisolasi, Jembatan Putus Lumpuhkan Akses Dua Dusun di Purabaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dua dusun di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, terisolasi akibat terputusnya jembatan gantung penghubung kedua dusun. Jembatan ini putus akibat luapan Sungai Cibening pada Jumat sore, 7 Oktober 2022.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya Yanto Prayitno mengatakan jembatan gantung tersebut berada di Dusun Udug, Kampung Udug RT 31/06 Desa Neglasari, dan menjadi penghubung akses warga dengan Dusun Cipeuteuy, Desa Neglasari.

"Hujan deras dan lama mengakibatkan meluapnya air sungai dengan ketinggian kurang lebih dua meter sehingga membuat putusnya jembatan gantung sepanjang 20 meter yang menghubungkan Dusun Udug dan Dusun Cipeuteuy," kata Yanto, Senin (10/10/2022).

Baca Juga :

Yanto mengatakan tak ada jalan alternatif yang dekat dengan jembatan. Akibatnya penduduk lima RT di Dusun Udug dan enam RT di Dusun Cipeuteuy, total 51 kepala keluarga dengan 957 jiwa, terpaksa terisolasi. Situasi ini membuat aktivitas warga terhambat.

"Perlu ada perbaikan jembatan, mengingat tidak ada jalan alternatif sehingga aktivitas ekonomi terhambat oleh kedua dusun tersebut," katanya.

Yanto mengatakan sebenarnya warga di kedua dusun masih bisa memaksakan beraktivitas, namun mereka mesti melalui jalan yang lebih jauh dengan durasi tempuh selama kurang lebih dua jam.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI