Sukabumi Update

Sering Bawa Golok, Pelaku Pembacokan di Kutajaya Sukabumi Pernah Dibawa ke RSJ

SUKABUMIUPDATE.com - P (40 tahun), pria asal Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi yang melakukan pembacokan pernah menjalani pengobatan di Rumah Sakit (RS) Marzoeki Mahdi atau yang lebih dikenal dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cilendek, Bogor.

Hal itu diungkapkan, Kepala Desa (Kades) Kutajaya Udin Suherman. Hanya saja, Udin tidak mengetahui kapan pastinya P diobati ke RS Jiwa Cilendek. Sebab saat itu Udin belum menjabat kades. “Sekitar tahun 2011,” kata Udin, Senin (10/10/2022).

Kendati demikian, Udin belum bisa memastikan saat ini P dalam kondisi gangguan jiwa. Dia menyatakan, pembuktian mengenai kondisi mental pelaku pembacokan menjadi ranah kepolisian. “Pembuktiannya itu psikiater di Polres, kan pelaku dibawa ke Polres,” ujarnya.

Udin menyatakan, pelaku dan korban pembacokan Uj (55 tahun) merupakan warga Kampung Sindangresmi RT 05/06, Desa Kutajaya. 

Baca Juga :

Menurut dia, pelaku menghuni sebuah saung dan untuk makan dan kebutuhan sehari-harinya dipenuhi oleh sanak saudaranya. "Saung itu biasanya hanya untuk tempat tidurnya saja atau kondisi saung yang seadanya aja," ujarnya.

Udin menyatakan, kalau pelaku sehari-hari selalu membawa golok. 

Peristiwa pembacokan yang menewaskan Uj itu terjadi Minggu, 9 Oktober 2022 sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah mendengar teriakkan itu rekan-rekannya lari karena takut. Namun korban malah diam dilokasi hingga terjadi pembacokan. Padahal salah satu rekan korban sudah memberitahu kalau ada pelaku, langsung menghindar. 

Korban kemudian dibawa ke RS Bhakti Medicare namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia sekitar pukul 12.00 WIB. Jenazah korban kemudian diotopsi di RS Kramat Jati, selesai otopsi jenazah dibawa pulang k rumah duka dan dimakamkan pada Minggu malam. 

Usai melakukan pembacokan, pelaku kabur dan dilakukan pengejaran. Menangkap pelaku pembacokan bukan perkara mudah. Pelaku dikepung selama berjam-jam oleh jajaran Polsek Cicurug dibantu Polsek Rayon Utara Polres Sukabumi juga warga. 

Kapolsek Cicurug Kompol Parlan menyatakan pelaku berhasil ditangkap pada Senin (10/10/2022) dini hari. Pelaku ditangkap di daerah Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug.

REPORTER: CRP/GIANNI FATHIN RABBANI

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI