Sukabumi Update

Perpustakaan di Kota Sukabumi Harus Bertransformasi untuk Kesejahteraan Rakyat

SUKABUMIUPDATE.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi mengadakan seminar peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan dengan mengangkat tema pentingnya literasi bagi anak usia dini.

Seminar yang digelar pada Selasa, 11 Oktober 2022 di Gedung Juang, menghadirkan narasumber di antaranya anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari, Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati, dan Akademisi Elnawati.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpusnas, Nurcahyono, dalam sambutannya menekankan pentingnya literasi bagi pertumbuhan anak, karena dapat membantu mengembangkan pola pikir kritis dikemudian hari.

Nurcahyono menambahkan pula bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam mengenalkan literasi kepada anak sejak dini, karena bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis serta menyiapkan mereka untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

photoWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. - (Istimewa)

Sedangkan Wali Kota Achmad Fahmi yang membuka jalannya seminar menyampaikan bahwa pengelolaan perpustakaan harus semakin berkembang mengikuti tuntutan jaman, karena saat ini perpustakaan mengusung semangat inklusi sosial untuk mensejahterakan masyarakat, serta harus mendukung pencapaian visi Indonesia emas tahun 2045.

Kota Sukabumi memiliki modal yang bagus dalam menjawab tuntutan tersebut dengan keberadaan 314 perpustakaan di berbagai tingkatan.

Pada kesempatan yang sama diserahkan 8 sertifikat akreditasi perpustakaan diantaranya untuk Perpustakaan SMAN I Kota Sukabumi yang memperoleh Akreditasi A dan Perpustakaan SMPN 15 yang menyandang akreditasi C.

SUMBER: WEBSITE PEMKOT SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI