Sukabumi Update

Dinas PU Minta Kontraktor Bangun Kembali TPT Ambruk di Kabandungan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan raya penghubung Sukabumi - Bogor di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terancam longsor. TPT (tembok penahan tanah) yang masih dalam proses pembangunan ambruk.

TPT yang sedang dalam proses pembangunan tersebut longsor pada Selasa 11 Oktober sekira jam 14.00 wib. TPT ini menyangga tebing ruas jalan Ciawitali - Kabandungan  di (Kp. Ciawitali RT 12/05 Desa/Kecamatan Kabandungan.

Dimensi longsoran panjang sekitar 10 m dan tinggi sekitar 3 meter. Menurut warga setempat longsor terjadi saat kawasan tersebut dilanda hujan deras. "TPT yang longsor itu masih dalam proses pembangunan oleh pekerja," jelas Otoy kepada sukabumiupdate.com, Kamis 13 Oktober. 

Otoy menambahkan jika tak cepat ditangani makan jalan akses utama ini bisa tergerus longsor susulan. "Jalur ini tembus ke Bogor, ke arah Leuwiliang, ini kan rutenya DAMRI ke Sukabumi - Bogor via Kabandungan," pungkasnya.

Pasca kejadian tim teknis Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi langsung melakukan evaluasi kejadian dan pembangunan. Dinas PU memastikan TPT yang longsor ini akan kembali dibangun oleh pemborong. 

"Ini karena intensitas hujan cukup tinggi. TPT ambruk saat dalam proses pengerjaan," jelas Peri Haryagi (28 tahun) tim teknis Dinas PU kepada sukabumiupdate.com di hari yang sama.

Baca Juga :

Menurut Peri, pemerintah membangun bahu beton sebagai  penyangga tebing jalan yang mulai tergerus longsor. "Sebetulnya ini sambil berjalan, tapi nahas faktor alam membuat pembangunan TPT yang hampir selesai ini harus kembali dikerjakan," bebernya.

Pekerjaan tersebut sudah kontrak dan berjalan sekitar 70 persen lanjut Peri. Mulai dibangun 06 September dan hingga kini masih running, lama pengerjaan berjalan 60 hari kalender, dilakukan oleh CV Geo Lestari Mandiri sebagai kontraktor dengan nilai pekerjaan Rp 68.638.000.

REPORTER: IBNU (MAGANG)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI