Sukabumi Update

Rumah Jebol, Kondisi Terkini Masjid Terdampak Longsor di Batununggal Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor menerjang kawasan perumahan Gunung Walat di Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selain menyebabkan mobil jatuh ke jurang, longsor juga menjebol bangunan Masjid Jami Al Arfaz dan rumah warga.

Aziz Muslim (41 tahun) petugas keamanan perumahan menyebut, longsor terjadi pada Rabu 12 Oktober 2022 jelang petang. "Kejadiannya tak lama setelah warga menunaikan sholat ashar. Saat itu kondisi hujan," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis 13 Oktober 2022.

Longsor terjadi di tebing pembatas kawasan perumahan dengan areal sawah di Perum Gunung Walat Blok c C 1 no 23 RT 05. Saat itu mobil suzuki karimun, milik , warga Perum Gunung, terseret longsor hingga terguling di bawah tebing.

"Saat itu mobil baru datang dan parkir di bahu jalan, diatas tebing yang kemudian longsor. Pemiliknya selamat," ungkap Aziz.

Material longsor juga merusak ruangan belakang rumah milik Yadi di  Blok c1 no 25 RT 05/04. Tembok belakang rumah jebol dihantam tanah dan bebatuan. "Pemilik rumah saat itu tengah di luar kota," bebernya.

Longsor juga merusak bagian samping masjid perumahan. Tembok jebol namun sejauh ini masih bisa digunakan oleh warga untuk beribadah.

photoMobil Suzuki Karimun nomor polisi F 1327 VK yang terbawa longsor di Perumahan Green Hill RT 04/05, Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 12 Oktober 2022. - (Istimewa)</span

Situasi terkini, diterjunkan alat berat untuk mengevakuasi mobil yang terbawa longsor dan normalisasi saluran air yang sempat tertimbun tanah.

Selain itu, juga dilakukan perbaikan akses jalan lingkungan untuk pejalan kaki yang biasa digunakan oleh warga dari kampung Salamanjah menuju ke Gunung Walat dan sekitarnya. 

Baca Juga :

"Hari ini penanganan fokus saluran air dan material longsor dengan alat berat, eksavator," pungkas Aziz Muslim.

REPORTER: IBNU (MAGANG)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI