Sukabumi Update

Distan Sukabumi: Program YESS Buka Lapangan Kerja di Pedesaan

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan perwakilan International Fund for Agriculture Development atau IFAD yang melakukan Mid-Term Review Program YESS di Kabupaten Sukabumi, Rabu 12 Oktober 2022.

Untuk diketahui, Program YESS atau Youth Entrepreneurship Employment and Support Services ini merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di bidang pertanian yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian bekerjasama dengan IFAD selaku salah satu badan perserikatan bangsa-bangsa (PBB).

Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti Harahap melalui Sekretaris Distan Denis Eriska mengatakan kunjungan IFAD ini bertujuan untuk melihat proses perkembangan dan kemampuan para petani dalam mengembangkan usahanya. 

"Ada tiga lokasi yang dikunjungi tim IFAD, selain melihat progres YESS, ia pun ingin berdialog langsung dengan para petani," ujar Denis Eriska, Jumat (14/10/2022). 

Baca Juga :

Tiga lokasi yang dikunjungi perwakilan dari IFAD, lanjut Denis, mulai dari lokasi penerima hibah kompetitif di Kecamatan Gunung Guruh, kemudian Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Cilangkap Kecamatan Cikembar dan petani di Kecamatan Sukaraja. 

"Kalau di Gunung Guruh petani cabai rawit perajin bambu teh dan dan telur bebek, kemudian P4S Cilangkap dan Sukaraja para petani penerima manfaat program YESS," jelasnya.

Lebih lanjut Denis menuturkan, Distan mewakili pemerintah daerah menyambut baik program YESS. Selain menciptakan peluang bagi kaum milenial untuk menjadi petani yang sukses, kata dia, program ini juga membuka peluang usaha dalam bisnis pertanian.

"Adanya Program YESS ini sangat bermanfaat bagi semuanya, karena mendorong peningkatan agripreneur dan juga membuka lapangan pekerjaan di wilayah pedesaan," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI