Sukabumi Update

Cibadak Kabupaten Sukabumi Segera Miliki Masjid Raya

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar baik datang dari Kota Cibadak, Kabupaten Sukabumi, sebentar lagi masyarakat Kota Nayor akan memiliki Masjid Raya yang keberadaannya sudah lama ditunggu-tunggu.

Bangunan Masjid Raya Cibadak akan didirikan di lahan seluas 2.500 meter persegi, tepatnya di tanah bekas Kantor Kewedanaan Cibadak, di Jalan Suryakencana yang memiliki luas total 4.500 meter persegi.

Masjid ini diproyeksikan menjadi pusat kajian Islam di Kota Cibadak, bahkan di Kabupaten Sukabumi. Di sekitar lokasi mesjid juga akan dibangun delapan kantor yang berfungsi sebagai pusat kegiatan beberapa lembaga di antaranya Kantor Badan Amil Zakat, Forum Komunikasi Mesjid, Sekretariat Mesjid, Perpustakaan, kantor penjaga masjid, dan lain-lain.

"Cicurug dan Cisaat kan sudah punya, masa Cibadak bertahun-tahun belum punya juga. Sementara sarana peribadatan lain cukup banyak jumlahnya di kota ini," ungkap KH Muhamad AR atau sering disapa Kyai Mamad, selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Cibadak, kepada sukabumiupdate.com.

"Rencananya masjid ini dibuat dua lantai, biar kokoh menggunakan tiang pancang, semoga masjid ini menjadi simbol Kota Cibadak, di mana syiar Islam semakin terlihat dan bisa berjalan dengan lebih baik. Dananya kita yang cari, kita harus berbuat sesuatu untuk Cibadak," terang penerus almarhum KH. Dadun Abdul Qohar ini.

Kyai Mamad juga berharap, kelak masjid tersebut diarahkan untuk menjadi Mesjid Kabupaten Sukabumi Utara pada saat pemekaran Kabupaten Sukabumi nanti terlaksana. Terkait pendanaan, ia mengatakan, estimasi biaya mencapai Rp14 milyar, sementara saat ini panitia pembangunan masjid masih kekurangan dana.

Hal ini direspon baik oleh warga Cibadak untuk melakukan gerakan penggalangan dana membantu pembiayaan masjid raya tersebut. Rikzantara (48), sudah aktif melakukan penggalangan dana. Hingga saat ini, menurutnya sudah terkumpul Rp21 juta dari targetnya Rp100 juta.

"Kami berusaha men-support semampu kami. Alhamdulillah tahap awal sudah terkumpul sekira 21 juta dari target 100 juta Rupiah. Sudah ada yang komitmen mau nyumbang 50 juta Rupiah dicicil selama enam bulan ke depan," ungkap alumni SMA Negeri Cibadak itu kepada sukabumiupdate.com, Jumat (13/1/2017).

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI