Sukabumi Update

Jalan Rusak, Ini Curhat Kades Cicantayan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMUPDATE.com - Jalan penghubung Dua Kecamatan Cicantayan-Cikembar, Kabupaten Sukabumi, saat ini kondisinya rusak parah. Kendaraan roda empat harus berjalan zig-zag untuk menghindari lubang-lubang yang bertebaran, tepatnya berada di wilayah Desa Cicantayan.

Kondisi ini diharapkan tidak berlangsung lama, mengingat jalan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi ini cukup vital, karena menjadi urat nadi perekonomian banyak kampung dan desa, serta menyambungkan dua jalan nasional, Palabuhan Dua dan Sukabumi-Bogor.

Kepada Desa Cicantayan, Dzulfikar Ali Hakim mengutarakan curahan hatinya kepada sukabumiupdate.com. Menurut pria yang akrab disapa Fikri ini, jalan kabupaten di Desa Cicantayan yang mengalami kerusakan cukup parah tersebar di sejumlah ruas dengan panjang sekitar enam kilometer (km).

Terdiri dari 2,5 km antara Cimahi-Bojong dan 3,5 km ruas Kemang-Cicantayan-Cibatu, dengan kondisi 75 persen rusak. “Kami punya data, ada salah satu ruas jalan yang sudah hampir 20 tahun tidak pernah tersentuh perbaikan, yaitu ruas Cicantayan-Cibatu Stasiun, 2-3 km di Kampung Cijati RW 07,” tutur Fikri, Kamis (9/2).

BACA JUGA:

Perbaiki Jalan Rusak, Dishub Kota Sukabumi Pilih Penunjukan Langsung

Ketika Polisi Sukabumi pun Keluhkan Jalan Rusak

Lubang Jalan Nasional di Cibadak Kabupaten Sukabumi

Kenapa jalan Cicantayan cepat rusak dengan metode pengaspalan biasa? Menurut Fikri, kontur wilayah yang berbukit, dengan banyaknya perusahaan tambang yang menggunakan jalan umum, ditambah sistem drainase yang buruk, maka jalan Cicantayan tidak bisa berumur panjang.

“Menurut saya, sebaiknya pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PU Binamarga membuat database jalan yang dilengkapi dengan sistem prioritas perbaikan jalan. Sehingga dapat memeratakan keadilan pembangunan dan menghindari opini miring bahwa pembangunan hanya milik wilayah tertentu,” lanjutnya.

Keluhan ini pun diungkapkan langsung kepada Camat Cicantayan, Abdul Rivai. “Ya kami dapat aspirasi dari warga dan desa terkait kondisi jalan yang rusak. Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Binamarga melalui UPTD PU Wilayah I Cibadak. Sudah masuk daftar usulan perbaikan pada tahun anggaran 2017. Doakan saja,” jelas Rivai kepada sukabumiupdate.com.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI