Sukabumi Update

Tiga Tahun Lagi Sampah di Kota Sukabumi Sudah Tak Tertampung

SUKABUMIUPDATE.com – Produksi sampah Kota Sukabumi per harinya mencapai 100 ton masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul, 60 ton dikelola untuk dipilih oleh Bank Sampah Sukabumi (Sammi) dan TPS3R di 7 kecamatan. Jika tidak ada penambahan kawasan TPA, maka tiga tahun mendatang sampah warga Kota Sukabumi tidak akan bisa tertampung lagi.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Adil Budiman pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar di tengah tumpukan sampah TPA Cikundul. Di lokasi yang berada di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi ini. Adil mengingatkan, jika produksi sampah rumah tangga tidak ditekan maka Cikundul akan penuh dan tidak bisa digunakan dalam tidak tahun mendatang.

“TPA Cikundul sekarang hanya tersisa 1,5 hektar lagi dari total luas 10 hektar. apabila masyarakat masih belum peduli maka dua sampai tiga tahun kedepan tempat ini tidak bisa menampung sampah lagi. Ke mana kita akan membuang sampah,” jelas Adil usai acara HPSN di Cikundul, Jumat (24/2).

BACA JUGA:

Ini Bukti Sampah Styrofoam Kotori Sungai Cicatih Kabupaten Sukabumi

Sampah Kotori Trotoar Cibadak, Pemkab Sukabumi Akui Kurang Maksimal

Tiga Tahun Warga Cisero Sukaraja Kabupaten Sukabumi Buang Sampah Sembarangan

Hingga detik ini, belum ada kepastikan dimana TPA baru untuk warga Kota Sukabumi jika nantinya TPA Cikundul benar-benar over load. Adil menambahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat rencananya akan memberikan bantuan untuk penyedian lahan baru TPA bagi Kota Sukabumi.

“Zona empat yang ada sebagai rencana perluasan masih terkendala pembebasan lahan, hasil kordinasi ada beberapa alternatif di antaranya dibuka lokasi baru. Selebihnya kami menunggu Pemkot Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat, karena TPA regional ideal luasnya sepuluh sampai 20 hektare,” lanjut Adil.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, yang juga turut hadir dalam acara ini menambahkan, masyarakat harus sadar memilah sampah sejak awal.  “Kalau itu bisa dilakukan maka volume sampah akan semakin berkurang dan memperpanjang usia TPA Cikundul yang menjadi harapan selama tiga tahun mendatang,” jelas Fahmi.

Fahmi juga akan memulai gerakan hidup bersih dan cerdas dalam memilah sampah di Kota Sukabumi. “Mulai minggu ini kami akan coba melakukan gerakan memungut sampah dan semoga dapat berkesinambungan,” pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI