Sukabumi Update

Banyak Orang Gila, Isu Culik Santer di Tegalbuled Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Isu culik anak oleh orang gila beberapa hari terakhir ini santer di Kecamatan Tegalbuled, Kabupaten Sukabumi. Salah satu penyebabnya di wilayah ini banyak berkeliaran orang dengan gangguan kejiwaan yang ditelantarkan oleh keluarga dan kerabatnya.

Data Unit Intelejen dan Keamanan (Intelkam) Kepolisian Sektor (Polsek) Tegalbuled, menyebutkan dalam dua pekan terakhir ada empat laporan dan kejadian terkait isu penculikan, semuanya dipastikan hoax alias tidak benar.

“Laporan kejadiannya di Desa Rambay dua laporan, Desa Calincing dan Desa Tegalbuled, jadi ada empat laporan di tiga Tempat Kejadian Perkara (TKP),” jelas Kepala Unit Intelkam Polsek Tegalbuled, Aiptu Ikhwanudin kepada Sukabumiupdate.com, Kamis (23/3).

Menurut Ikhwanudin, laporan-laporan ini berawal dari kecurigaan warga yang termakan isu orang gila culik anak. Warga mengamankan empat orang yang mengalami gangguan mental yang berkeliaran di sekitar pemukiman mereka.

“Beruntung nggak ada aksi main hakim sendiri. Warga hanya mengamankan, karena ada orang linglung dan gila di sekitar rumah mereka. Warga takut itu penculik anak,” lanjutnya.

baca juga:

Isu Culik, Sepasang Lansia Nyaris Dimassa Warga Cisolok Kabupaten Sukabumi

Marak Aksi Penculikan Anak, Bikin Resah Orang Tua di Kota Sukabumi

Penculik Anak Lembur Situ Kota Sukabumi Ternyata Wanita Muda

Dari pemeriksaan yang dilakukan petugas Kepolisian dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tegalbuled, keempat orang yang diamankan warga karena diduga penculik anak adalah orang dengan gangguan mental yang ditelantarkan keluarganya.

“Setelah kami dalami para orang terlantar yang sempat dituduh culik anak ini, ada yang berasal dari Banten, Garut dan wilayah di Jawa Barat lainnya,” jelas TKSK Tegalbuled, Yudiansyah.

Keempat orang yang mengalami gangguan kejiwaan ini, sudah ada yang dipulangkan ke alamatnya masing-masing dengan bantuan Dinas Sosial dan pihak kecamatan. Ada juga yang masih diamankan oleh Relawan TKSK Tegalbuled Karena masih belum diketahui informasi asalnya.

“Ada yang masih sakit, ditanya juga masih belum nyambung. Kalau yang terakhir diisukan culik ditemukan dalam keadaan tergeletak di warung orang. Kita lagi kordinasi dengan TKSK Bandung,” ujarnya.

Yudiansyah belum bisa memastikan kenapa di Kecamatan Tegalbuled, Kabupaten Sukabumi banyak orang dengan gangguan jiwa berkeliaran dan diketahui dari luar daerah. “Kita masih koordinasi, mereka ini muncul tiba-tiba seperti ada yang mengantar atau menempatkan,” pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI