Sukabumi Update

Sosonoan Baraya Cicurug Kabupaten Sukabumi, Ubah Sampah Botol Air Mineral Jadi Eco Bricks

SUKABUMIUPDATE.com - Sosonoan Baraya Cicurug, ajang berkumpul dan kepedulian puluhan pemuda tergabung dalam Komunitas Rumah Kreatif dan Taman Baca. Hari ini, Minggu (9/4), mereka melakukan giat bersih-bersih sampah akhir pekan di sepanjang Jalan Raya Siliwangi, tepatnya dari kawasan Indolakto hingga Lapang Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Ponco Nugroho Permana, Koordinator Aksi Eco Brick Challenge kepada sukabumiupdate.com mengatakan, aksi bersih-bersih sampah akhir pekan ini, melibatkan sekitar 25 orang. Aksi ini bertujuan mengolah sampah menjadi eco bricks.

BACA JUGA:

Dipenuhi Sampah, Cagar Alam Panyawelan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Jangan Ditiru, Buang Sampah Seperti di Desa Sukamantri Kabupaten Sukabumi

Tiga Tahun Warga Cisero Sukaraja Kabupaten Sukabumi Buang Sampah Sembarangan

Eco bricks adalah, sampah plastik dimasukkan dan dipadatkan ke dalam sebuah botol plastik hingga penuh. Kemudian, botol yang sudah terisi sampah plastik yang kering dan bersih tersebut, disusun menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan.

Pada aksi itu, Rumah Kreatif dan Taman Baca juga benggerak membersihkan berbagai jenis sampah organik dan non organik, kemudian diangkut menggunakan gerobak. "Ini sebagai kepedulian kami, generasi muda, menjaga kebersihan lingkungan," terang Ponco.

Ponco berharap, ke depannya, masyarakat Cicurug lebih terbuka hati dan matanya akan pentingnya menjaga keindahan kota. "Penting kesadaran, kepedulian, dan keinginan membuang sampah pada tempatnya. Agar sampah itu diolah oleh masyarakat Cicurug sendiri, sehingga yang tadinya polusi, bisa menjadi solusi," pungkasnya

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI