Sukabumi Update

Mulai Tercemar, 50 Tahun Warga Cirengrang Kabupaten Sukabumi Manfaatkan Air Sungai

SUKABUMIUPDATE.com – Selama 50 tahun, warga Kampung Cirengrang RT 02/06, Kedusunan Cimanggu, Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, manfaatkan air dari aliran Sungai Cihampar untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK).

Namun, kini kondisi air di sungai itu sudah mulai tercemar. Bahkan sejumlah warga mengalami muntaber karena mengonsumi air tersebut. “Kami sudah sering mengajukan pengadaan air bersih. Selama ini belum ada tanggapan,” terang Kepala Dusun Cimanggu, Iman (31), kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA:

Ingin Nonton TV, Pemdes Rambay Kabupaten Sukabumi Tagih Janji Kementerian ESDM

Ini Sejarah Berdirinya SDN Cirengrang Kabupaten Sukabumi

Ini Moda Transportasi Warga Cirengrang Kabupaten Sukabumi

Iman menyebut, di Kedusunanya itu terdapat 370 jiwa, tersebar di tiga Rukun Tetangga (RT). “Dari jumlah itu, sekitar 80 persen menggunakan air dari sungai itu untuk memasak, mandi, mencuci. Sekarang air sungai ini sudah tidak bersih lagi. Warga di hulu sungai ini memanfaatkan aliran air sebagai sarana MCK. Kami yang di hilir terkena cemaran limbah masyarakat,” paparnya.

Sementar Ketua RT 02/06 Arin (45), mengungkapkan, untuk menutupi kebutuhan air bersih, warga terpaksa mengambil air dari mata air Cirempak berjarak 2,5 kilometer dari pemukiman warga.

“Mata air Cirempak ini sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber pengadaan air bersih, dengan cara dialirkan menggunakan pipa. Mata air ini tidak pernah kering walau kemarau panjang. Tapi karena warga tidak memiliki modal membeli pipa, saat ini pengambilan air masih secara konvensional,” tuturnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI