Sukabumi Update

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi: Masalah Sampah Mendesak Ditangani

SUKABUMIUPDATE.com - Tumpukan sampah di Gang Tolib, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, tidak hanya menarik perhatian warga. Persoalan ini pun menarik perhatian Sekertaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Deni Sasmedi.

Menurut Deni, bukan hanya di Gang Tolib saja, tetapi di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi, persoalan sampah menjadi masalah yang harus segera ditangani oleh pemerintah daerah (Pemda).

“Harus menjadi program prioritas pembenahan masalah sampah ini. Saat ini masih sebatas imbauan saja. Karena jika dikaji, masih banyak persoalan sampah yang belum tertangani, salah satunya di Gang Tolib Cibadak itu,“ kata Deni sukabumiupdate.com, Selasa (18/4), melalui pesan WhatsApp.

Lebih jauh ia menyarankan, disediakan bak sampah di titik-titik tertentu, sehingga dapat mendidik sekaligus secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:

Ini Tumpukan Sampah di Gang Tolib Cibadak Kabupaten Sukabumi

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Ajak Warga Ujunggenteng Pelihara Kondusivitas

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi: 2017 Anggaran Bidang Kesehatan Ditambah Rp10 Miliar

Komentar serupa datang dari anggota Komisi II, Muhamad Yusuf. Menurutnya, persoalan sampah memang menjadi masalah yang perlu penanganan mendesak dan ekstra.

“Semua pihak seharusnya terlibat dalam penangan sampah ini. Sampah yang sudah terkumpul, harus segera diangkut, koordinasi warga yang diwakili Ketua RT dan RW setempat, harus dikomunikasikan dengan petugas pengambil sampah. Lurah, dan camat pun harus mampu berkoordinasi dengan baik, agar penumpukan sampah tidak berlarut,“ tegasnya.

Masih menurut Yusuf, persoalan sampah ini memang kembali kepada pribadi masing-masing. Warga harus memiliki kesadaran pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

“Masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai, harusnya buanglah sampah ke tempat yang tersedia. Dan menyediakan tempat sampah tersebut, merupakan salah satu tugas pemerintah,“ pungkas Yusus.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI