Sukabumi Update

Target Lulus 100 Persen, 39.558 Pelajar Kabupaten Sukabumi Ikuti USBN SD

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 39.558 siswa-siswi ikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar (USBN SD). Angka tersebut, berasal dari 1.197 SD yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Maman Abdurahman, Rabu (17/5/2017).

Ia menerangkan, dari 39.558 peserta itu UNSB SD itu, terdapat 20.467 siswa, dan 19.091 siswi. Kemudian, ruang ujian digunakan secara keseluruhan sebanyak 2.531 ruangan, dengan 5.062 orang pengawas.

"USBN SD ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai Senin (15/5) hingga Rabu (16/4). Kemudian dilanjutkan Ujian Akhir Sekolah selama dua hari, yang diselengagrakan pada Kamis hingga Jumat (18/19-5)," terang Maman kepada sukabumiupdate.com,

Untuk UNSB SD, terang dia, kini tengah memasuki scanner atau pembacaan lembar jawaban. Dari hasil ini nanti diketahui hasil ujian para siswa-siswi yang mengikuti ujian. Soal kelulusan, ada kriteria yang ditetapkan.

BACA JUGA:

Disdik Kabupaten Sukabumi, Pantau Kesiapan 13 SMP Penyelenggara UNBK 2017

Ujian Hari Pertama, Siswa MA Alhidayah Cibadak Kabupaten Sukabumi Gunakan Kertas dan Pensil

Harus Menginap untuk Ikuti UN, Dua Siswi SDN Cirengrang Kabupaten Sukabumi

Ia mengatakan, ada dua keberhasilan yang menjadi tolok ukur keberhasilan pelaksanaan USBN SD itu, yakni keberhasilan penyelenggaran, dan keberhasilan hasil. 

"Keberhasilan penyelengaraan, kita harapkan tidak ada gangguan baik teknis, maupun non-teknis. Sedangkan keberhasilan hasil, seluruh siswa-siswi yang mengikuti ujian berhasil lulus 100 persen. Berkaca dari tahun lalu, angka kelulusan mencapai 99 persen," terang dia.

Maman berharap, bagi siswa-siswi SD yang lulus, diharapkan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yakni sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat. 

"Tidak ada lagi alasan ekonomi untuk tidak melanjutkan sekolah. Kalau persoalan ekonomi menjadi masalah, kami menyediakan bea siswa praktisi," pungkasnya. 

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI