Sukabumi Update

Hobi Koleksi Ikan Cupang, Warga Gedongpanjang Kota Sukabumi Raup Puluhan Juta Rupiah

SUKABUMIUPDATE.com - Berawal dari hobi mengoleksi ikan hias, lalu menjadi lahan bisnis. Inilah yang dilakukan Isman Rahardian (43) warga Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Isman yang juga sebagai Pembina Komunitas Cupang Sukabumi (KCS) memaparkan, semenjak sekolah dasar hingga kuliah tidak pernah terbesit dalam benaknya untuk mengoleksi ikan cupang dan menjadikan lahan bisnis.

BACA JUGA: Melihat Bisnis Food Truck yang Kian Menjamur di Kota Sukabumi

"Pertama kali tidak ada niat buat bisnis cupang, hanya saja waktu itu kakak saya membawa cupang hingga saya tertarik mengoleksi dan berburu cupang hingga keluar daerah dengan berbagai jenis," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (20/5).

Waktu itu lanjut Isman, koleksi cupangnya sudah mulai banyak dan kebingungan akan diapakan. "Bingung koleksi dilantai dua rumah jumlahnya sudah puluhan yang saya pelihara dan mau di bagaimanakan, namun waktu saya jemur didepan rumah ada orang lewat dan menanyakan mau beli dengan jumlah yang banyak.

BACA JUGA: Nah Lho, Dua Wanita Sukabumi Ini Sudah 15 Tahun Hobi Mancing

Karena saya tahu tempat pembelian cupang beserta petaninya, akhirnya saya berpikir untuk berbisnis dan ikut Komunitas Cupang Sukabumi (KCS) sebagai Pembina," paparnya. Isman tidak menyangka dari hasil penjualan ikan cupangnya dapat meraup untung hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Saat ini anggota KCS sudah berjumlah sekitar 30 orang.

Adapun jenis ikan cupang yang paling laris dibeli konsumen yakni Bagan, Plakat, Serit, Kumpai dan masih banyak jenis lainnya. "Alhamdulillah hasilnya lumayan juga dan tidak menyangka sama sekali, apalagi jelang bulan puasa biasanya omset meningkat," pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI