Sukabumi Update

Jembatan Tjipeundeuj, Tempat Sampah Terpanjang di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Tjipeundeuj (baca: Cipeundeuy), penghubung Kelurahan/Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi dan Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, terlihat kian kumuh dengan banyaknya tumpukan sampah di atas bentangan besi penyambung kabel.

Pantauan sukabumiupdate.com, Kamis (25/5), tumpukan kantong plastik yang berisi sampah rumah tangga terlihat berjejer di atas bentangan besi di sisi Jembatan Tjipeundeuj.

BACA JUGA: Sampah Jadi Alasan Jembatan Darurat Ciambar-Parungkuda Kabupaten Sukabumi Ambruk

Ade Saefullah (34) warga Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh mengungkapkan, jika tumpukan sampah tersebut akibat ulah para pengendara jalan yang sengaja lewat dan berniat membuang ke sungai. 

"Sampah tersebut sengaja dibuang oleh warga yang melintas ke sungai, namun tersangkut di besi," ucap Ade.

BACA JUGA: Soal Banjir Kota Sukabumi, Dishub Salahkan Sampah dan Drainase

Salah seorang warga, Endud Badrudin mengatakan, sampah yang menumpuk tersebut akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Saat ini masih sedikit warga yang sadar untuk menjaga lingkungan sekitar," kata Endud, Kamis (25/5).

Menurutnya, perlu peran peran serta aktif dan pengawasan, terutama warga di lingkungan sekitar seperti Ketua RT, RW, tokoh Agama dan tokoh Pemuda. "Ke depan pemuda juga harus mendorong peningkatan kesadaran dan membuat gerakan peduli lingkungan di wilayah setingkat RW yang terintegrasi dari hulu ke hilir," harapnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI