Sukabumi Update

Jelang Ramadhan, Nobar Rukyatul Hilal di Bukit Panenjoan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bukit Panenjoan yang terletak di kawasan Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ternyata bukan hanya menjadi sebuah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam. Namun, bukit tersebut sering dijadikan lokasi pelatihan dan nonton bareng (Nobar) Rukyatul Hilal menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Karena sering menjadi tempat latihan, masyarakat sekitar menjuluki Bukit Panenjoan sebagai Bukit Hilal Cekdam juga. Seperti yang diutarakan Bendahara Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciemas, Khairussani, jika pelatihan Rukyatul Hilal di laksanakan di Masjid Al Ikhlas Desa Tamanjaya dan nonton barengnya di Bukit Hilal Cekdam Panenjoan.

BACA JUGA: Pantai Minajaya Kabupaten Sukabumi Lokasi Favorit Warga Jelang Ramadhan

“Dipilihnya lokasi bukit Panenjoan sebagai lokasi pelatihan Rukyatul Hilal bukan gagasan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag), melainkan oleh Paguyupan Alam Pakidulan Sukabumi (Papsi) dua tahun semenjak ada Geopark. Rencananya, akan dilaksanakan hari ini mulai pukul 14.00 WIB,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (26/5).

Sementara itu, Penyuluh Agama Islam (Penais) KUA Kecamatan Ciemas, H.Kusnadi membenarkan, jika Bukit Panenjoan digunakan sebagai lokasi pelatihan. “Kalau melihat Rukyat Hilal di Pusat Observasi Bulan (POB) Bukit Cibeas, Kecamatan Palabuhanratu,” katanya.

BACA JUGA: Warga Cicantayan Kabupaten Sukabumi Pawai Obor Sambut Ramadhan

Karena, jelas Kusnadi, POB Cibeas sudah tersertifikasi ke akuratannya dan masuk dalam lima besar di Indonesia. “Persiapan Rukyatul Hilal mulai Pukul 16.00 WIB di POB Cibeas,” katanya.

Rencananya, ungkap Kusnadi, pelaksanaan Rukyatul Hilal di POB Cibeas akan dihadiri seluruh jajaran Kemenag dan Ketua MUI kecamatan se Kabupaten Sukabumi. “Biasanya ada juga perwakilan MUI dari berbagai kabupaten dan Pondok Pesantren di Jawa Barat,” pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI