Sukabumi Update

Hasil Sidang Itsbat, Ulama Kabupaten Sukabumi Pastikan Puasa Dimulai Besok

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil sidang Itsbat yang dilakukan sejumlah ulama di Pusat Observasi bulan (POB) Kampung Cibeas, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, memastikan jika puasa akan dimulai hari esok, Sabtu (27/5).

"Berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksakan di Pusat Observasi Cibeas, Insyaallah awal puasa bulan Ramadhan dilaksanakan besok hari, tanggal 27 Mei 2017," kata Hakim sidang Itsbat sekaligus Pengadilan Negeri Cibadak, Deni kepada sukabumiupdate.com, Jumat (26/5).

Menurutnya, dari perhitungan  data hisab, kemudian informasi berdasarkan astronomis, jadi ketika ada yang melihat hilal dan berani disumpah  memungkinkan untuk dilihat, bahwa  penglihatanya terhadap hilal itu adalah benar.

BACA JUGA: Jelang Rukyat Hilal, Ratusan Umat Muslim Padati POB Cibeas Kabupaten Sukabumi

"Jadi insyaallah dipastikan mulai puasa besok," singkatnya.

Sementara itu dilokasi yang berbeda, puluhan umat muslim se Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, nonton bareng (Nobar) pelatihan dan praktek Rukyatul hilal Ramadhan 1438 Hijriah di Puncak Bukit Hilal Panenjoan Kawasan Geopark Ciletuh, Desa Tamanjaya.

Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Ciemas, KH. Kudin Jaenudin (70) mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 70 orang dari perwakilan MUI, pondok pesantren, tokoh agama dan santri dari berbagai kecamatan.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan, Nobar Rukyatul Hilal di Bukit Panenjoan Kabupaten Sukabumi

“Kegiatan pelatihan ini sudah dua kali dilakukan, hasilnya sangat bagus karena didukung oleh lokasi yang jaraknya hanya 300 meter diatas permukaan laut  dan angin yang tidak terlalu kencang,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Sementara itu Sekretaris Komunitas Astronomi Mathla Astro Club Bandung, Zaid Nasrullah (28) yang mengikuti pelatihan mengatakan, untuk melihat hilal menggunakan teleskop dan pada pukul 18.11 WIB beluk bisa terdeteksi dikarenakan ada awan tipis yang menghalangi ditambah masih terangnya syafaq dibatas ufuq. “Jika syafaq sudah menghilang dan tidak ada awan yang menghalangi, dipastikan hilal bisa terlihat,” pungkasnya. 

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI