Sukabumi Update

Hasil Tangkapan Ikan Sepi, Nelayan Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi Menjerit

SUKABUMIUPDATE.com - Para nelayan di Pantai Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, kini tengah dirundung duka. Pasalnya, hasil tangkapan ikan mereka (Nelayan-red) akhir-akhir ini cenderung relatif minim bila dibandingkan pada waktu-waktu sebelumnya.

Biasanya para nelayan mencari ikan di laut dengan cara memancing dan menjaring, kini perahu-perahu mereka pun berjejer parkir di Kampung Kalapacondong, Desa Ujunggenteng.

BACA JUGA: Penghasilan Menurun, Nelayan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Cari Impun

“Paling hasil tangkapan baik semalam atau dua malam, kalau lagi ada 50 Kg, kalau lagi lapur mah lapur we," tutur Puloh (48), salah seorang asal Kampung Kalapacondong RT 04/01, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (3/6).

Dari hasil memancing seperti ikan Kakap, dan Tengiri, termasuk ikan-ikan lainnya kata Puloh, biasanya lumayan juga. Tapi sekarang sangat minim sekali.

BACA JUGA: Nelayan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Alami Penurunan Hasil Tangkap

“Kalau nelayan itu sama halnya dengan petani. Kalau pun gagal panen pasti tanam lagi, begitupun nelayan, kalau pun beberapa hari tidak hasil terus saja melaut sampai hutang numpuk di warung,” ujarnya seraya bercanda.

Saat ini buat biaya operasional melaut selama dua hari dua malam itu, sambung dirinya bisa mencapai hingga Rp1,6 juta.

BACA JUGA: Derita Nelayan Palabuhanratu Pascabanjir Sungai Cipalabuan

“Minimnya hasil tangkapan saat ini kemungkinan dari dampak cuaca yang belum stabil, angin, dan arus selama ini kencang sekali,” tuturnya.

Sementara, Empu (52) merupakan juru bantu asal Kampung Nangkawangi RT 04/06, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap menambahkan, selagi tak terjadi musim angin barat dirinya selalu melaut.

BACA JUGA: Sebulan Terakhir Nelayan Ujunggenteng Pilih Parkirkan Perahu

“Selagi tidak terjadi musim barat, angin-hujan kita pasti turun melaut. Susuganan aya rezekina," imbuhnya dalam kesempatan sama.

Memang kata Empu, para nelayan di Pantai Ujunggenteng ini sudah lama hasil tangkapan ikannya baik dengan memancing atau pakai jaring pun minim.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI