Sukabumi Update

Ngabuburit a la Bocah Sindangsirna Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Unik. Permainan yang diperagakan enam anak dari RT 09/07, Kampung Sindangsirna, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, saat ngabuburit. Mereka memanfaatkan kaleng bekas dan membentuknya menyerupai senapan dan meriam.

Pantauan sukabumiupdate.com, Selasa (6/6), kaleng bekas susu dan sarden itu, disusun menggunakan lakban hingga sepanjang 50 sampai 70 centimeter. Pada ujung kaleng itu mereka pasang kayu sebagai pegangan, dan hasilnya menyerupai senapan. Selain menyerupai senapan, mereka juga mengolah kaleng itu mirip meriam atau lodong.

BACA JUGA: Ngabuburit Sambil Main Layangan, Datang Saja ke Sukamantri Kabupaten Sukabumi

Nah. Untuk suara, anak-anak ini menggunakan spirtus sebagai amunisinya, yang disemprotkan pada lubang korek api gas. Setelah memasang pemicunya dari korek api, sekali tarik, maka mainan itu mengeluarkan suara menggelar.

Bobi (7), warga Kampung Sindangsirna RT 09/07, Desa Pasiripis, menuturkan, agar semua anak-anak bisa bermain, mereka membeli spirtus dengan cara udunan. “Murah meriah. Karena suaranya menggelegar, biasanya kami bermain di sawah atau kebun,” katanya.

BACA JUGA: Ngabuburit Sambil Rapling di Cagar Alam Pinangjajar Kabupaten Sukabumi

Hal serupa dikatakan Acuy (12), teman Bobi. Ia mengaku sangat menikmati permainan itu. Sementara Paisal (11), Isep (12) Riski (12) dan Cokro (10), mengaku sering juga diomeli warga jika sedang bermain perang-perangan menggunakan permainan itu.

“Pokoknya harus jauh dari orang yang memiliki penyakit jantung,” ujarnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI