Sukabumi Update

Dari 240 Bus, Hanya 140 Laik Layani Pemudik di Terminal Tipe A Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 140 unit bus Antar Kota Dalam Propinsi dan Antar Kota Antar Propinsi dari Terminal Tipe A Kota Sukabumi akan melayani arus mudik tahun ini. Pengecekan kelaikan juga sudah dilakukan sejak awal bulan April lalu.

"Setiap bus yang lulus uji kelaikan untuk mengangkut penumpang saat arus mudik lebaran dipasang stiker oleh petugas," ujar Kepala Terminal Tipe A, Yukky Rahmat Yunus kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/6).

BACA JUGA: Dianggap tidak Laik Jalan, Enam Bus Diamankan Polres Sukabumi

Menurutnya, pengawas kelaikan armada angkutan mudik tahun ini dilakukan sangat ketat sehingga dari jumlah 240 unit bus hanya 140 unit yang lolos uji kelaikan. 

"Selain bus yang sudah ada, sebagai antisipasi juga disiapkan bus cadangan dan diprioritaskan bagi PO dengan jurusannya masing-masing yang kesiapannya sudah 50 persen," ucap Yukky.

BACA JUGA: Pengurus Klaim Bus MGI Jurusan Palabuhanratu-Bogor Laik Jalan

Selain melakukan pengecekan kelaikan kendaraan, H-7 juga dilakukan tes urine bagi awak bus oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). 

"Biasanya kedatangan penumpang baru terjadi mulai dari H-10 arus mudik, namun volumenya akan berkurang karena banyak juga yang turun di tengah jalan. Apalagi ini tahun pertama arus mudik di terminal baru, jadi belum bisa diprediksi berapa persen lonjakan penumpang," pungkas Yukky.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI