Sukabumi Update

Ngeri!!! Warga Cijambe dan Cigedang Kabupaten Sukabumi Gunakan Air Sungai untuk MCK

SUKABUMIUPDATE.com - Selama berpuluh tahun, warga di Kampung Cijambe dan Cigedang Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, gunakan aliran sungai untuk memenuhi kebutuhan Mandi Cuci Kakus. Warga berharap, segera membangun fasilitas MCK yang memadai, agar terhindar dari pola hidup tidak sehat.

Ketua RT 022/04, Adun (45) kepada sukabumiupdate.com, mengungkapkan, di wilayah itu sebenarnya ada MCK. Namun MCK itu tidak memiliki alat penampung air. “Kalau mau menggunakan MCK yang ada, harus menimbah terlebih dahulu, atau membawa air dari aliran sungai. Karena tidak efektif, warga lebih memilih memanfaatkan aliran sungai yang ada untuk buang air dan mencuci,” terangnya.

BACA JUGA: Terisolir, Warga Ciseuti Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Butuh MCK dan Jalan

Kendati pola hidup seperti itu tidak sehat, lanjut Adun, warga khususnya di RT 022 dan 023 RW 04 tidak punya pilihan lain. "Fasilitas pendukung di MCK yang tidak ada. Kondisi ini sangat rentan menimbulkan berbagai penyakit bagi warga, akibat sistem sanitasi yang kurang baik" terangnya.

Adun berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi membangun sumur bor sebagai  sumber pemasok air ke MCK yang ada, sehingga warga tidak perlu ke sungai lagi.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI