Sukabumi Update

Tunggu Kejutan, PAN Isyaratkan Koalisi Besar di Pilkada Kota Sukabumi 2018-2023

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Sukabumi, mengisyaratkan akan membentuk koalisi besar dengan partai politik lain menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018-2023.

Meski tidak menyebutkan secara jelas partai mana saja, PAN rencananya akan menggandeng enam parpol yang ada di Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Resmi 71 Desa di Kabupaten Sukabumi Ikut Pilkades Serentak

"Saya tidak akan sebutkan, bisa enam partai. Ini main petak umpet, tidak mungkin menjadi kejutan kalau disebutkan sekarang," tutur Ketua DPD PAN, Faisal Anwar Bagindo kepada sukabumiupdate.com, Selasa (11/7).

Faisal mengaku pihaknya sudah dua kali melakukan survei baik untuk calon maupun tandem koalisi sejak bulan Maret lalu. Bila pekan depan dipanggil oleh DPW dan DPP, segera dilakukan deklarasi.

BACA JUGA: Siapapun Calonnya, Demokrat Optimis Cetak Hattrick di Pilkada Kota Sukabumi

"Tentu kita ambil langkah strategis yang terbaik bagi masyarakat dan PAN sendiri, jangan sampai menang di Pilkada tetapi di Pileg babak belur," katanya.

Menurutnya, kejuatan PAN nantinya sangat berkaitan dengan strategi melihat konstelasi politik apakah akan jadi pengekor, pendukung dan pengusung. Namun yang jelas, PAN sekarang di legislatif mendapat tiga kursi dan harus koalisi.

BACA JUGA: Tiga Nama Lolos Penjaringan Kepala Daerah Partai Gerindra Kota Sukabumi

"Kita akan lihat dulu, kalau bidikan sama tidak usah buka pendaftaran hanya buang-buang waktu saja. Tapi jika nanti koalisi bersepakat apakah membuka pendaftaran atau tidak," jelas Faisal.

Ditegaskan Faisal, rukun Pilkada yang dimiliki PAN harus berdasarkan survei. Jika incumbent jelek tidak mungkin dipaksakan dan survei yang sudah dilakukan tinggal mencocokkan dengan eksternal. "Konstelasi politik sekarang hangat-hangat tahi ayam," pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI