Sukabumi Update

Bawaslu Jabar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) akan menempatkan petugas di setiap TPS untuk mengawal C1 dan mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak serta Pilgub Jabar 2018.

"Nanti kita akan tempatkan satu pengawas di TPS, bahkan di Pileg dan Pilpres bisa dua orang pengawas di masing-masing TPS," jelas Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto di sela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi, Jumat (21/7/2017).

Hasil evaluasi Bawaslu Jabar, dari pelaksanaan Pilkada sebelumnya, pengawasan penuh di tingkat TPS terkait masalah C1 karena banyak motif-motif yang terjadi sehingga perlu pengawasan serius.

BACA JUGA: Antisipasi Kerawanan Pilkada dan Pilgub, Bawaslu Jabar Minta Panwaslu Tahan Godaan

"Sebetulnya pengawasan dilakukan seluruh masyarakat pemilih, hanya saja tingkat partisipatif belum menyentuh. Makanya, Bawaslu mendorong untuk sama-sama mengawal Pilkada," tandas Harminus.

Terlebih ungkap Harminus, Undang-undang (UU) Pemilu yang baru tidak ada lagi di KPPS melaksanakan tahapan rekapitulasi suara karena langsung di tingkat kecamatan.

"Makanya, kita segera melantik 27 Panwaslu kota dan kabupaten di bulan Agustus," pungkasnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI