Sukabumi Update

Ada Tanda Tilem Prabu Siliwangi di Kramat Batu Puter Ciracap Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Kramat Batu Puter di Kampung Batu Puter RT 02/02, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat keramat yang berada di pesisir Pantai Selatan Ujunggenteng Sukabumi.

Menurut Hatom Pauji (47 tahun), sebagai juru kunci tempat tersebut mulai dibuka sekitar pada tahun 1946. “Di sini terdapat ciri tilemnya Prabu Siliwangi, berupa lingkaran batu dengan diameter tiga meter,” tuturnya kepada sukabumiupdate.com, sewakti disambangi, Minggu (30/7/2017).

BACA JUGA: Dalam Keterbatasan, Garuda Mas Putra Ciracap Kabupaten Sukabumi Lestarikan Warisan Leluhur

Menuju tempat Kramat Batu Puter Ujunggenteng ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam lamanya dari ibu kota Kecamatan Ciracap, dengan jarak sekitar 15 Kilometer (Km) dan masuk dari jalan utama, Jalan Raya Ujunggenteng, kira-kira 300 meter ke lokasi.

Kata Hatom yang merupakan putra pertama Umi Siti Ningrum (62 tahun), juri kunci ke-7, kebanyakan yang ziarah ke tempat ini untuk meminta barokah kepada Allah SWT, dengan segala permasalahannya.

BACA JUGA: Gurat Lengkah Dua Taun: Ketika Musik Etnik dan Modern Berkolaborasi di Sukabumi

Terutama masih kata Hatom, seperti keluhan dalam bidang usaha. Namun lanjutnya, ada juga peziarah yang menginap sampai tiga hari, tiga malam, terkadang ada pula yang punya niat untuk ikut mencalonkan sebagai Kepala Desa, anggota dewan, dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, mereka yang pernah ziarah ke sini, tak pernah pecundang. Asal mereka juga benar-benar melaksanakan petunjuk. Kami di sini kan bertawasulan dan wirid," ucapnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI