Sukabumi Update

Lokasi Bandara Dialihkan, Dishub Survei Lahan di Warungkiara Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peryataan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar yang mengungkapkan jika Banda Udara (Bandara) Perintis Kabupaten Sukabumi akan dibangun di Kecamatan Warungkiara cukup mengejutkan.

Pasalnya, sejak awal Kementerian Perhubungan RI sudah merencanakan dan turun langsung meninjau lokasi pembangunan bandara di Citarate, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap untuk mendukung keberadaan kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu sebagai ikon pariwisata Kabupaten Sukabumi.  

BACA JUGA: Duh, Masyarakat Jampang Kabupaten Sukabumi Merasa Dianaktirikan

“Lokasi bandara nanti akan bergeser dari semula yang ramai dibicarakan di Citarate, dialihkan ke wilayah Kecamatan Warungkiara. Saya sudah berkoordinasi sama Menteri Perhubungan RI, Semoga tahun depan segera dibangun,” ungkap Deddy di sela sela kegiatan pelepasan tim penilai asesor UGG (UNESCO Global Geopark) Aula Setda Palabuhanratu.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana menjelaskan, jika rencana awal bandara memang akan dibangun di Citarate dan proses perencanaan hingga Detail Enginerring Design (DED) bahkan sudah selesai.

BACA JUGA: Di Tempat Ini Bandara Citarate Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi Dibangun

“Tetapi kemudian sesuai kebijakan dari pusat, agar bandara tidak terlalu jauh dari Kota Sukabumi maksimal 30 kilometer,” jelas Thendy kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (5/8).

Karena kebijakan tersebut, ungkap Thendy, saat ini sedang dilakukan survei terkait lahan mana yang paling memungkinkan sebagai lokasi pembangunan bandara di Kecamatan Warungkiara. “Kami masih melakukan fisibility study, nantinya akan disertai kajian dari berbagai aspek,” pungkasnya. 

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI