Sukabumi Update

Gardu Listrik Meledak, Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi Alami Pemadaman

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu gardu trafo listrik di daerah Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meledak pada Rabu (13/9/2017) sekitar pukul 10.45 WIB.

Informasi dihimpun, meledaknya trafo listrik tersebut diduga karena rembesan dari air kotoran pasar, mengendap kebagian kabel yang terhubung langsung ke dalam trafo.

BACA JUGA: Tiga Kali Travo PLN Meledak dan Terbakar, Pelajar SDN Manggis Hilir Kabupaten Sukabumi Diliburkan

Akibat ledakan tersebut pun menyebabkan tembok di sekeliling trafo retak, dan muncul percikan api. Imbasnya, seluruh kios di wilayah Pasar Cibadak, mengalami pemadaman aliran listrik.

Pengurus layanan listrik Pasar Cibadak, Andri Badrian mengatakan suara ledakan dari trafo terdengar kencang, dan warga menganggap, bahwa ledakan tersebut berasal dari genset pasar.

BACA JUGA: Listrik Sering Padam, Warga Palabuhanratu Tuntut Ganti Rugi ke PLN

"Anggapan warga yang meledak adalah genset pasar, karena sebelum genset dapat dihidupkan, pas ada pemadaman dari pukul 06.30 WIB sampai pukul 07. 15  WIB tadi pagi. Ternyata ledakan itu terjadi pukul 10.45 WIB, karena dapur PLN transmisinya meledak. Semua pedagang terganggu karena listrik Pasar Cibadak padam. Kami berharap, semoga cepat bisa diselesaikan," ujar Andri, kepada sukabumiupdate.com, di sekitar Pasar Cibadak, Kecamatan Cibadak, siang tadi.

Sementara Suherlan (39 tahun), pedagang Pasar Cibadak, menuturkan kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa dan lahan pasar yang terbakar.

BACA JUGA: Warga Selatan Kabupaten Sukabumi Keluhkan Sering Terjadi Pemadaman Listrik

"Ledakannya (Trafo) seperti bom, kencang sekali. Saat kami lihat, suara ledakan itu berada di luar pasar. Tidak lama kemudian petugas datang untuk mengecek keberadaan trafo listrik tersebut. Kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa, dan lahan yang terbakar, namun aliran listrik yang tersambung ke beberapa titik di Pasar Cibadak, mengalami pemadaman," beber Suherlan, dalam kesempatan sama.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI