Sukabumi Update

Pengrajin Pedang dan Golok Khas Cibatu Kabupaten Sukabumi

Proses pembuatan pedang dan golok.

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi memiliki banyak hasil produk yang beraneka ragam, contohnya yang dilakukan oleh Memed Supriatna (48 tahun), warga Kampung Cibatu, Desa Cibatu, Kabupaten Sukabumi. Memed merupakan salah satu dari sekian banyak pengrajin ayubi pedang dan golok di Kampung Cibatu.

Dia memulai usahanya sejak tahun 1985, yang menghasilkan hampir dari 100 jenis produk. Mulai dari, Zupakor, Ayubi, Katana, Golok Sembelih dan lain-lain.

Pembuatan berbagai jenis pedang dan golok tersebut menggunakan bahan dari per besi mobil teronton.

Kemudian dipanaskan menggunakan areng, sehingga mudah ditempa dan dibentuk untuk berbagai macam jenis pedang dan golok. Setelah itu, proses pelukisan pun dimulai dengan cara hati-hati. Sehingga, menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

Produk andalan asli Cibatu ini, telah di pasarkan ke berbagai negara, seperti Malaysia, Filipina dan Australia. Serta pemasaran produk ini mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia.

Harga produk-produk ini berkisar antara 200 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah, yang dipasarkan melalui toko dan berjualan online. Memed sendiri, mendapatkan omset bersih sekitar 12 juta perbulannya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI